Parkir Sembarangan di Singapura, Siap-siap 'Diseprot' Robot


Jakarta - Singapura dikatakan akan menerapkan sistem baru untuk lebih menekan perilaku negatif masyarakat, termasuk perilaku pengendara yang suka parkir sembarangan. Kerennya sistem baru yang bakal diterapkan Singapura ini menggunakan robot.

Dikutip visordown dan YouTube, Singapura tengah melakukan pengujian untuk bisa menerapkan autonomous mobile robot atau polisi robot yang disapa Xavier. Robot Xavier berperan untuk mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar lebih disiplin dalam bermasyarakat.

Dilengkapi dengan kamera 360 derajat, Xavier akan melaporkan semua yang terjadi di sekitar dirinya, memberikan data secara real time ke pusat control untuk melaporkan apa yang terjadi, dan pelanggaran apa saja yang dilakukan oleh masyarakat di Singapura.

Hasilnya masyarakat yang melakukan parkir sembarangan, merokok bukan di tempatnya hingga parkir sepeda bukan di lokasinya, siap-siap disemprot robot atau diberi peringatan dan dilaporkan ke pusat data pemerintahan Singapura.

Untuk memuluskan autonomous mobile robot ini, tercatat 5 lembaga pemerintahan di Singapura ikut bergabung dalam melakukan pengujian robot ini, yakni HTX (Home Team Science and Technology Agency), National Environment Agency, Land Transport Authority, Singapore Food Agency, and Housing & Development Board.

Dijelaskan pengujian robot Xavier ini akan dilaksanakan selama 3 minggu diawali pada 5 September 2021 kemarin.

Sumber : https://oto.detik.com/mobil/d-5726202/parkir-sembarangan-di-singapura-siap-siap-diseprot-robot

Posting Komentar

0 Komentar