Pemkab Inhu Buka Bimtek Tahap I Penyusunan Master Plan Smart City


Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Smart City di Aula Bappeda Inhu, Selasa (7/9/2021).

Dalam sambutannya, Bupati diwakili Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Moch Bayu Setiya Budiono, SH mengatakan bahwa Smart City adalah konsep pengelolahan kota/kabupaten berkelanjutan dan berdaya saing yang dibangun untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih aman, lebih mudah, lebih sehat dan lebih makmur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja, meningkatkan efisiensi dan melibatkan partisipasi masyarakat.

Menurutnya, Konsep penerapan Smart City di Kab. Inhu perlu dituangkan ke dalam bentuk dokumen master plan yang teknis penyusunannya harus didalami dan proses penerapannya memerlukan waktu, komitmen dan perencanaan yang matang yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan daerah.

Kerangka pikir Smart City tidak terlepas dari 6 demensi Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Society, Smart Living dan Smart Environment.

“Dengan kerangka ini diharapkan dokumen master plan Smart City akan disusun selaras dengan dokumen perencanaan yang ada di Kab. Inhu,” katanya menambahkan.

Hal yang sama juga dijelaskan Ketua Panitia, Atan, S.P bahwa Bimtek tahap I ini akan menyajikan dokumen Master Plan Smart City dalam bentuk analisis strategis Smart City daerah. Dokumen ini memuat Analisa Masa Depan, yang mencakup kesiapan daerah baik dari segi struktur, infrastruktur dan suprastruktur kebijakan dan kelembagaan; Analisis Gab Government yaitu kesenjangan dan Analisis Visi Pembangunan Smart City.



Dijelaskannya lagi, bahwa acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting mengingat kondisi pendemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung sehingga mengurangi resiko penularan Covid-19.

“Acara ini direncanakan berlangsung selama dua hari ke depan dengan jumlah peserta 41 orang yang merupakan nama tim pelaksana Smart City yang diusulkan oleh perangkat daerah,” katanya.

Tambahnya lagi, narasumber acara ini berasal dari BPPT, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Andrari Grahitandaru, Kementrian Komunikasi dan Informasi Dwi Elfrida Martina Simanungkalit, Akademisi dari Universitas Esa Unggul Jakarta Aditianata melalui virtual dan dari Bappeda Inhu Sukarjo serta Dinas Kominfo Inhu.

Diakhir acara pembukaan Bimtek Smart City, Kadis Kominfo Inhu yang juga sebagai Ketua pelaksana, Jawalter S, M.Pd melaporkan susunan tim pelaksana yang telah ditunjuk dan disahkan oleh Bupati Inhu. Sekaligus menekankan bahwa tim harus bertanggung jawab dan bersinergi dalam menyusun Master Plan Smart City ini.

Sumber : https://potret24.com/artikel/pemkab-inhu-buka-bimtek-tahap-i-penyusunan-master-plan-smart-city/

Posting Komentar

0 Komentar