Tampil di Korsel, RI Perkuat Citra Positif sebagai Produsen Energi Terbarukan


Busan: Berbagai produk energi terbarukan Indonesia tampil dalam pameran Environment & Energy Tech (ENTECH) 2021 di Busan Exhibition & Convention Center (BEXCO), Busan, Korea Selatan. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran tersebut menjadi upaya dalam meningkatkan citra positif sebagai produsen energi ramah lingkungan.

Pada pameran ini, Paviliun Indonesia menghadirkan tujuh eksportir produk energi terbarukan yakni PT Energi Biomassa Investama-PT Niaga Indo Alam, CV Sinar Surya, Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia, PT Antex Jaya Exim, PT Berkah Agung Semesta Jaya, PT Chitra Kalpika Mas; serta PT Yokobana Ind. Produk yang ditampilkan yaitu pelet kayu, arang kelapa, dan produk energi biomassa. Paviliun Indonesia merupakan hasil kerja sama antara ITPC Busan dan Kedutaan Besar RI Seoul.

"Melalui pameran ENTECH 2021 diharapkan eksportir Indonesia dapat mempromosikan produk energi terbarukan kepada masyarakat Korea Selatan dan meningkatkan citra Indonesia sebagai produsen energi ramah lingkungan dan telah menerapkan penggunaan energi terbarukan,"?ujar Kepala ITPC Busan Reandhy Putera Dharmawan, dilansir dari laman resmi Kementerian Perdagangan, Senin, 6 September 2021.

Berdasarkan data Korea International Trade Association, Indonesia merupakan pemasok terbesar untuk produk bahan baku energi biomassa yang berasal dari minyak kelapa sawit dan turunannya (HS 1511) ke Korea Selatan dan dunia. Pada periode Januari-Juli 2021, ekspor produk ini ke Korea Selatan mencapai USD247 juta, tumbuh signifikan sebesar 83,5 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara, ekspornya ke dunia tercatat sebesar USD17 miliar pada 2020, nilai ini tumbuh 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini membuktikan?Korea Selatan?masih membutuhkan pasokan bahan baku yang diolah melalui penerapan riset dan teknologi menjadi produk energi terbarukan meskipun di tengah pandemi covid-19. Reandhy berharap peluang ini dapat dimanfaatkan eksportir Indonesia untuk melakukan ekspansi pasar dan meningkatkan ekspor ke Korea Selatan.

"Dengan partisipasi pada pameran internasional, seperti ENTECH akan membentuk citra positif produk Indonesia. Calon mitra dagang, khususnya importir Korea Selatan dapat melihat secara langsung kualitas produk-produk Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan calon mitra dagang sehingga dapat terbentuk sebuah siklus bisnis yang berkelanjutan,"?pungkas dia.

Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/5b2m1zMN-tampil-di-korsel-ri-perkuat-citra-positif-sebagai-produsen-energi-terbarukan

Posting Komentar

0 Komentar