Untuk Kenyamanan Ibadah di Masjid, Mahasiswa Undip Adakan Program Skrining Otomatis

(Semarang, 28/07/2021) Sebagai upaya dalam mengurangi penyebaran virus COVID -- 19 di Masjid Al Muhtadun, Kelurahan Lamper, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam PKM-PM membuat sebuah inovasi skrining otomatis berbasis internet of things untuk deteksi dini COVID-19 jamaah. Alat yang diberi nama SKRIND ini dilengkapi dengan sensor suhu thermal camera, dan sensor servo untuk menyemprot hand sanitizer otomatis.

Kegiatan penyerahan SKRIND dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai dobel masker, melakukan pengecekan suhu serta tidak melibatkan banyak orang, mengingat sedang berlangsung kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat-Darurat (PPKM). Pada kegiatan ini, SKRIND diserahkan langsung kepada takmir Masjid Al Muhtadun. Selain itu kegiatan ini sekaligus mensosialisaikan SKRIND kepada takmir masjid, hal tersebut agar dapat langsung dimanfaatkan oleh jamaah. "Alhamdulillah, semoga Alat ini bisa memberikan kebermanfaatan untuk jamaah dan mencegah penularan Covid - 19," ujar takmir Masjid Al-Muhtadun.

Dewi Jihan selaku ketua tim mengatakan bahwa dengan alat yang diberi nama SKRIND dinilai efektif mendeteksi suhu jamaah Masjid Al Muhtadun, "Karena masjid Al Muhtadun aktif melakukan beberapa kegiatan seperti, pengajian, Jumat berkah, Taman Pendidikan Quran (TPQ). Sehingga, mobilitas jamaah dalam mengunjungi masjid cenderung meningkat, dan perlu diperhatikan protokolkesehatannya agar tidak menjadi cluster baru," tururnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Deji ini menjelaskan, pengunjung yang ingin masuk akan berdiri di titik pengukuran dan mengulurkan tangannya di bagian bawah alat. Setelah itu, secara otomatis sensor dari alat ini akan langsung bekerja, mulai dari pengukuran suhu, dan hand sanitizer otomatis.

Sumber : https://www.kompasiana.com/yusufsufyan6680/6147c05a53f9cd3ab112e0a2/untuk-kenyamanan-ibadah-di-masjid-mahasiswa-undip-adakan-program-skrining-otomatis

Posting Komentar

0 Komentar