Befa harap program Lanny Jaya cerdas, sehat, dan mandiri ekonomi tetap jalan

Wamena – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya memperingati HUT ke 76 tahun kemerdekaan RI serta syukuran empat tahun kepemimpinan Befa Yigibalom dan Yemis B Kogoya yang dipusatkan di Distrik Balingga, Rabu (6/10/2021).

Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom mengatakan, jelang 10 tahun dirinya memimpin daerah tersebut, ia ingin agar program yang dijalani selama ini yaitu Lanny Jaya cerdas, sehat, dan mandiri ekonomi tetap dijalankan pemimpin selanjutnya.

“Antusias masyarakat sangat baik, hanya saja rakyat juga khawatir bagaimana pemimpin ke depan setelah masa jabatan bupati dan wakil bupati selesai. Sehingga pondasi yang diletakkan hari ini bersama wakil bupati akan ditetapkan dalam peraturan yang lebih lagi, agar tetap dilaksanakan,” kata Befa.

Kata Befa, bicara ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, apa yang telah dirasakan masyarakat Lanny Jaya sudah di atas 80 persen dan terlaksana dengan baik. Artinya, semua kepala keluarga sudah punya pendapatan, pelayanan kesehatan sangat baik, dimulai dari Tiom sebagai ibu kota kabupaten, maupun ke luar Lanny Jaya maupun ke luar Papua.

Begitu pun dengan pelayanan pendidikan, kata dia, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi semua dibiayai dalam program Lanny Jaya cerdas. “Lanny Jaya mandiri ekonomi, itu program satu juta rupiah per bulan bagi setiap kepala keluarga. Mereka dapat karena melakukan padat karya, berkebun, bikin jalan dan jembatan desa atau melakukan pembangunan-pembangunan lain,” katanya.

Dari sisi infrastruktur, kata Befa, sejauh ini hampir semua jalan penghubung antardistrik telah terbuka, dengan menggunakan dana Otsus yang didapat oleh pemkab.

“Itu tanda dana Otsus sudah berhasil menyentuh masyarakat hingga hari ini, karena selama ini masyarakat mau ke mana-mana berjalan kaki, sekarang sudah bisa naik kendaraan,” katanya. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Lanny Jaya, Aletinus Yigibalom menyebut dari 39 distrik yang ada hampir semua terkoneksi atau telah terhubung, hanya yang belum di Balingga-Kuyawage, Dimba-Tiom.

“Ruas ini yang kita prioritas sebelum masa berakhirnya bupati dan wakil bupati. Untuk ruas jalan di Balingga sudah bisa terakses, masyarakat terlayani dari distrik ke kota,” kata Aletinus Yigibalom. Sedangkan untuk ruas Tiom-Malagai-Kuyawage, Gamelia-Tiom, Dimba-Tiom dan Poga-Muara saat ini sedang dalam proses pengerjaan. Dimana di akhir tahun ini ruas jalan itu sudah bisa dilalui mobil untuk kebutuhan masyarakat.

“Jalan ke Kuyawage juga tahun ini optimis bisa dikerjakan, termasuk pengerjaan sejumlah jembatan. Ini semua dibiayai dari bantuan tambahan dana Otsus infrastruktur yang didapat Lanny Jaya sebesar Rp 40 miliar,” katanya.

Sumber : https://jubi.co.id/befa-harap-program-lanny-jaya-cerdas-sehat-dan-mandiri-ekonomi-tetap-jalan/

Posting Komentar

0 Komentar