Bimtek II Smart City, Wali Kota Pasuruan: Perangkat Daerah Turut Terlibat Aktif

PASURUAN - Untuk menentukan program prioritas penyusunan Masterplan Smart City di Kota Pasuruan. Pemkot Pasuruan melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap II Smart City.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sambutannya dalam pembukaan bimtek yang digelar Senin (13/8/2021) untuk mewujudkan integrasi, sinkronisasi, dan sinergi. Di antaranya Perangkat Daerah, khususnya yang membawahi enam poin utama rencana aksi pembentukan smart city.

Meliputi Smart Government, Smart Branding, smart Economy, Smart Living, Smart Society, and Smart Environtment.

Keterpaduan dan sinkronisasi dari setiap Perangkat Daerah ini menjadi sangat penting karena meskipun Diskominfotik Kota Pasuruan sebagai leading sektor dari terwujudnya smart city. Namun implementasi dari enam poin rencana aksi tetap bergantung dari semua Perangkat Daerah.

“Smart city ini memerlukan dukungan semua Perangkat Daerah. Kita dikumpulkan dalam acara ini agar mampu berperan secara aktif menyusun Masterplan. Saya ingin mengajak teman-teman Perangkat Daerah supaya memiliki perhatian lebih sebagai usaha mewujudkan smart city,”ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut Gus Ipul menyampaikan, dalam mewujudkan smart city di Kota Pasuruan perlu diawali pemerintahnya dengan mewujudkan Smart Government.

Hal ini sebagai langkah awal untuk memberikan pelayanan yang baik, cepat, dan efisien hingga bagaimana pemerintah mampu menciptakan layanan yang adaptif. Tetapi tetap sesuai teknologi dan berbasis data.

“Smart government ini diawali dengan data, maka kita harus berbenah dan berorientasi soal smart city. Salah satunya tersajinya big data yang terintegrasi,” pungkas Gus Ipul.

Dalam acara yang turut dihadiri Tim Pendampingan Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Rudiyanto, Kepala Diskominfotik Kota Pasuruan, Kokoh Aire Hidayat dan seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat di Kota Pasuruan.

Sumber : https://faktualnews.co/2021/09/29/bimtek-ii-smart-city-wali-kota-pasuruan-perangkat-daerah-turut-terlibat-aktif/281445/

Posting Komentar

0 Komentar