Daftar Profesi Manusia yang Digantikan Robot, Kamu Termasuk?


Jakarta - Teknologi terus berkembang. Ini juga membuka peluang banyak pekerjaan yang lenyap dan digantikan oleh robot.

Robot bersiap untuk mengerjakan banyak pekerjaan di muka bumi ini. Catatan BBC tahun 2019 dari analisis Oxford Economic, tahun 2030 mendatang ada 20 juta pekerjaan manufaktur yang dikerjakan oleh robot.

Dari analisa yang sama, wilayah yang rentan pekerjaannya digantikan robot adalah dengan keterampilan rendah, ekonomi lemah serta tingkat pengangguran lebih tinggi.

Simak daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh robot, dilaporkan laman Computerhope, Selasa (19/10/2021):

1. Perakitan dan pekerja Pabrik

Robot diketahui sudah bekerja di hampir seluruh pekerjaan manufaktur besar. Komputer telah diatur dapat merakit produk seperti mobil. Untuk melakukan pemrograman robot pun mudah dan tak perlu banyak teknisi terampil. Robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics juga bisa diprogram siapapun.

2. Supir Bis, Taksi, dan Truk

Ini karena teknologi otonom semakin berkembang dan meluas. Bukan tak mungkin di masa depan lebih banyak kendaraan yang menggunakan teknologi sama di seluruh dunia. Artinya akan ada potensi kehilangan pekerjaan di beberapa sektor. Misalnya supir bis, taksi dan truk yang digantikan oleh teknologi otonom. Bahkan juga bisa merambah ke operasi kendaraan berat seperti buldozer, pengeboran dan pengangkutan pertambangan serta konstruksi.

3. Operator Telepon, Telemarketer dan Resepsionis

Dalam beberapa tahun ke depan bukan tak mungkin teknologi voice recognition menjadi lebih canggih. Ini membuat perusahaan memperkerjakan mesin dibandingkan manusia untuk bekerja sebagai operator telepon hingga telemarketer.

4. Kasir

Di beberapa tempat, kita mungkin sudah sering melihat adanya self-checkout. Jadi pelanggan bisa membayar belanjaan sendiri dengan mesin tanpa bantuan seorang kasir lagi. Dalam pekerjaan ini mungkin manusia masih dibutuhkan. Namun hanya sebagai pengawasan operasi, dan jumlahnya tak banyak seperti dulu.

5. Teller dan Pegawai Bank

Kemajuan teknologi, mungkin membuat orang jadi tak perlu lagi pergi bank. Termasuk dengan adanya uang digital seperti Bitcoin yang membuat banyak orang dapat bertransaksi melalui gadget yang dimiliki. Ini menggantikan aktivitas di bank yang biasanya untuk melakukan layanan setoran dan tarik tunai.

6. Petugas Pengepakan, Ruang Penyimpanan dan Gudang

Amazon salah satu perusahaan yang telah menggantikan tugas-tugas tersebut dengan robot.

7. Pekerja Farmasi

Teknisi farmasi di sejumlah tempat sudah digantikan dengan robot. Mesin akan bertugas untuk memisahkan dan menangani resep pelanggan. Robot juga membantu mencegah kesalahan sata bekerja. Robot tak perlu banyak ruang bergerak seperti manusia. Sebab hanya menggunakan seperti lengan robot untuk bekerja.

8. Pengumpul Informasi, Analis dan Peneliti

Pengacara e-discovery dan robot riset telah banyak ditemukan di sejumlah firma hukum. keduanya menggantikan peran paralegal dan staf lain, serta robot dapat menyisir banyak dokumen dan menemukan fakta relevan seperti data nomor ponsel dan email dengan password. Analis keuangan juga memperkerjakan komputer yang dirancang dapat menganalisa dan menemukan pola, selain itu juga tren pada data keuangan.

9. Pilot

Militer AS diketahui sudah menggunakan jasa drone otonom untuk pengawasan hingga menyerang tanpa bantuan. Di masa depan, teknologi ini bisa bertambah canggih dan membuat pekerjaan pilot mungkin hilang.

10. Bartender

Bartender juga digantikan dengan sistem yang telah diprogram. Layanan seperti Briggo menggantikan manusia dengan robot untuk membuat minuman populer dan belajar membuat minuman baru.

Posting Komentar

0 Komentar