Dua Robot Covid Asal Semarang Juara Internasional

SEMARANG - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Semarang berhasil menciptakan robot yang berfungsi untuk mencegah terjadinya klaster Covid saat pembelajaran tatap muka. Hebatnya, kedua robot ini berhasil meraih medali emas diajang internasional yang berbeda.

Robot berupa maket sekolah ini dirancang oleh siswa MAN 1 Kota Semarang. Robot ini diciptakan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya klaster di saat pembelajaran tatap muka.

Robot maket sekolah yang diberi nama Covid Heroes Bot ini sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan. Dimulai dengan pengecekan suhu secara otomatis saat siswa datang di sekolah. Jika suhu badan dinyatakan aman maka pintu gerbang sekolah akan terbuka. Namun jika suhu badan di atas 37 derajat Celcius, gerbang tetap akan tertutup dan secara otomatis mobil ambulan akan datang menjemput siswa untuk diamankan di ruang isolasi UKS.

Robot maket sekolah juga mendeteksi barang bawaan siswa dan memiliki tempat penyimpanan masker jika siswa lupa membawa. Tak hanya itu, robot juga bisa mendeteksi saat siswa duduk di bangku kelas. Jika menduduki garis silang, maka robot akan berbunyi sebagai tanda mengingatkan kesalahan siswa.

Selain maket sekolah, siswa juga membuat robot yang diberi nama My Boo. Robot ini dapat berfungsi menghibur orang, bisa bermain bola, bahkan bisa mendeteksi dan memberi masker kepada orang yang lupa tidak memakai.

Yang membanggakan, kedua robot buatan siswa MAN 1 Kota Semarang ini berhasil menyabet prestasi tertinggi. Covid Heroes Bot yang merupakan robot maket sekolah berhasil meraih medali emas dan top score ajang Asian Youth Robot Olympiad Singapore yang digelar 24-25 April 2021, sedangkan robot My Boo meraih medali emas dalam ajang internasional Youth Robot Competition Korea 21-23 Agustus 2021 lalu.


Sumber : https://www.kompas.tv/article/219688/dua-robot-covid-asal-semarang-juara-internasional

Posting Komentar

0 Komentar