Melihat Geliat Event Organizer Yang Mulai Bergerak

 Sudah hampir beberapa bulan ini tingkat PPKM diturunkan, dan semakin banyak orang kembali beraktifitas. Salah satu bidang industri yang sempat 'mati suri' selama pandemi memuncak adalah event organizer. Kami juga punya sub-usaha ini dalam EVENTCERDAS, dan semenjak pandemi masuk Indonesia, kami beralih secara online, melakukan webinar setiap minggu.

Namun tidak semua siap untuk pindah ke media online, dan sebagian besar usaha Event Organizer, terutama yang terkait dengan Expo , Seminar dan Workshop, dipimpin generasi baby boomer, yang masih tetap mengedepankan interaksi fisik, dibandingkan non fisik. Maka mau tidak mau, banyak yang tidak bergerak selama pandemi. Mereka sempat ada yang bingung harus berbuat apa selama beberapa bulan awal, itu salah satu kesaksian kawan yang sebelumnya giat melakukan berbagai kegiatan expo dari luar negeri.

Meskipun sekarang akses dari luar negeri belum dibuka sepenuhnya, terutama dari negara-negara yang semula banyak pengusaha ingin masuk Indonesia, tapi sudah ada mulai pergerakan di bidang EO yang sudah berjalan.  Apa saja tren yang ada ?

EO 'Besar' Wait And See

Untuk EO yang berskala besar, bahkan nasional, mereka tidak banyak bergerak. Mereka cenderung menunggu. Dan mereka rasakan mulai bulan November ini sudah bisa kembali melakukan berbagai kegiatan dalam skala terbatas. Tapi selama ini, tidak banyak yang mereka lakukan, selain efisiensi, mereka tetap melakukan komunikasi dengan konsumen dengan berbagai cara.

EO Beralih ke Online

Tidak sedikit juga yang tadinya sangat kuat di kegiatan expo, seminar, workshop secara onsite, langsung beralih ke online. Mereka menyesuaikan diri dengan kemauan dan kemampuan konsumennya. Dan selama pandemi, mereka melakukan Expo secara online, menjalankan webinar dan workshop terbatas secara online. 

EO Siapkan Hybrid Event

Nah, yang baru belakangan ini adalah mempersiapkan hybrid event. Semenjak pelonggaran diberikan, PPKM diturunkan, maka EO yang sudah memiliki akses baik ini mereka akan menyesuaikan diri dengan melakukan hybrid Event. 

Kegiatan Hybrid Event NAPINDO didukung APTIKNAS - Koleksi Pribadi

Beberapa aktifitas sudah kami lakukan dengan mendukung industri dan rekan EO yang selama ini berinteraksi dengan kami di Asosiasi ataupun di EVENTCERDAS. Dan semua tetap berupaya memberikan manfaat dan dampak yang baik kepada industri. Kita akan terus melihat para EO ini akan bergerak, dan menyesuaikan diri dengan kondisi dan keadaan. 

Sekarang tinggal memastikan, tim EO memiliki semangat dan kemauan untuk terus bergerak, dan tidak tinggal diam. Pandemi akan beralih menjadi endemi di tahun depan, dan tetap berbagai kegiatan onsite bisa dilakukan, sekaligus kegiatan online juga akan tetap menjadi pilihan. Maka mau tidak mau, hybrid event akan tetap menjadi prioritas hingga 2 tahun depan.

 

sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/617b52bf06310e0ca93f6452/melihat-geliat-event-organizer-yang-mulai-bergerak

Posting Komentar

0 Komentar