Mengungkap Kunci Sukses Menjadi Data-Driven Company

Dalam dunia bisnis, data memiliki peranan penting bagi sebuah organisasi terutama dalam proses pengambilan keputusan. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, adanya machine learning, deep learning, dan Internet of Things (IoT) semakin mempermudah dalam proses pengambilan data.

Hal tersebut memungkinkan perusahaan memanfaatkan metode data driven company ini dalam mengembangkan lini bisnis miliknya baik itu bagi perusahaan jasa, dagang, maupun manufaktur.

Lantas, apa yang dimaksud dengan data driven company? Data driven company ialah perusahaan yang mampu bekerja, mengambil kesimpulan, dan menetapkan suatu kebijakan dengan menggunakan analisis data secara tepat dan memadai.

Dengan begitu, perusahaan atau organisasi dapat berjalan di arah yang benar. Terbukti, dalam survei Forrester Analytics Global Business Technographics® Data and Analytics 2019, untuk bisa mencapai target, perusahaan dengan data driven company memiliki kemungkinan lebih besar hingga 58 persen dibanding perusahaan yang tidak memanfaatkan data.

Akan tetapi, memanfaatkan data driven company dalam setiap pengambilan keputusan memiliki tantangan yang cukup besar. Salah satunya, banyaknya data yang harus dianalisis oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan sebuah keputusan yang tepat.

Melansir dari laman Forbes, diprediksi pada 2025, akan ada lebih dari 150 triliun gigabytes data untuk dianalisis. Berdasarkan fakta itu, terlihat bahwa menjadi data-driven company bukanlah merupakan tugas yang mudah.

Perusahaan harus membangun arsitektur data dengan baik dan benar. Dengan begitu, proses akuisisi, penyimpanan, pengolahan, sampai penyajiannya bisa dikelola di satu tempat.

Menurut IBM – Cognitive Enterprise Study, saat ini hanya 40 persen perusahaan yang berhasil mengintegrasikan arsitektur data secara enterprise-wide. Untuk itu dibutuhkan arsitektur yang baik untuk mendukung data driven company.

Untuk mendapatkan gambaran serta bagaimana perusahaan atau sebuah organisasi dapat menjadi data driven company, Anda bisa mengikuti webinar InfoKomputer “Tech Gathering: Data-Driven Company, Kunci Memenangkan Kompetisi” yang akan dilaksanakan pada Kamis, 7 Oktober 2021 pukul 10.00-12.00 WIB melalui Zoom.

Menghadirkan, Ketua Data Science Indonesia, Alamsyah Koto Hanza, Multipolar Technology, Lindra Heryadi, dan IBM Indonesia, Heru Suderajat.

Anda akan diajak untuk mempelajari bagaimana mempersiapkan arsitektur data guna mendukung mimpi menjadi data-driven company. Turut hadir, Vice President of IT Business Intelligence and Analytics, Telkomsel, Tina Lusiana yang akan berbagi kisah sukses menjadi data-driven company.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran diri, Anda dapat langsung mengunjungi laman pendaftaran melalui tautan berikut ini.

Sumber : https://infokomputer.grid.id/read/122920144/mengungkap-kunci-sukses-menjadi-data-driven-company

Posting Komentar

0 Komentar