Robot Damkar Otonom Berkaki Tingkat Buatan Mahasiswa UEU Curi Perhatian di Kontes KRI 2021

JAKARTA - Robot otonom berkaki tingkat untuk tugas pemadaman kebakaran buatan mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) mencuri perhatian di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021.

Ketua Tim Robotika UEU Arizki Putra Rahman mengatakan, robot ini diberi nama Esgul Fire.

Timnya mempersiapkan Kontes Robot tersebut selama tiga bulan mulai dari persiapan rancangan, membuat desain, menyiapkan konsep hingga penyelesaran perakitannya.

"Kami mulai melakukan persiapan mulai dari Juli dan sudah melewati seleski proposal dan visitasi daring, sekarang pada tahap seleksi wilayah, masih ada satu lagi seleksi Nasional (final) dan kami pun melakukan hal tersebut secara maksimal," ujarnya, Senin (4/10/2021).

Tim Roboti UEU terdiri dari Arizki Putra Rahman, mahasiswa Teknik Informatika 2020 KHI; Anjang Pangestu Selokaton, mahasiswa Teknik Informatika 2020 KHI; Iven Fesky mahasiswa Teknik Informatika 2020 KHI dan Jesita Sani dari DKV KBJ.

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU berharap Tim Robotik ini mampu meraih hasil maksimal di Kontes Robot Indonesia dan karya mereka bisa memberi manfaat bagi masyarakat terutama penanggulangan pemadam kebakaran kedepannya.

"Mudah-mudahan karya yang dibuat oleh mahasiswa kami mampu bermanfaat bagi masyarakat dan para mahasiswa kami pun dapat kembali membuat karya-karya di bidang robotik serta Artificial yang membantu masyarakat menyelesaikan masalah," ujarnya.

Program Studi Teknik Informatika UEU saat ini menyiapkan para mahasiswa dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang akan membuat mereka siap memasuki dunia kerja.

Lulusan program ini akan memiliki Sertifikasi Internasional dari Cisco Network Academic Program, Sun Microsystems International Java Programming & Unix, dan SAP Edugate (Fundamental, Financial, Order Fulfillment, Manufacturing, Human Resources, Advanced Business Application Progamming).

Sumber : https://www.tribunnews.com/sains/2021/10/05/robot-damkar-otonom-berkaki-tingkat-buatan-mahasiswa-ueu-curi-perhatian-di-kontes-kri-2021

Posting Komentar

0 Komentar