INSA Sebut Pembangunan IoT di Sektor Maritim Tidaklah Mudah

Pengembangan IoT (Internet of Things) di sektor pelayaran memiliki berbagai tantangan, seperti jaringan internet, sampai kekhawatiran akan kebocoran data

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto menilai pengembangan IoT (Internet of Things) di sektor pelayaran memiliki berbagai tantangan, seperti jaringan internet, sampai kekhawatiran akan kebocoran data.


Hal tersebut disebabkan karena pengembangan IoT sektor maritim memerlukan penyediaan jaringan satelit yang kompetitif, mengingat kapal yang berada di tengah laut sehingga membutuhkan jaringan satelit yang efisien.

Menurut Ketua Umum INSA pembangunan infrastruktur digital yang terintegrasi sangat penting bagi sektor maritim dan logistik, karena akan terciptanya big data yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan analisis.

Big data mendorong terciptanya inovasi produk, layanan, dan peluang bisnis di sektor maritim. Misalnya, informasi mengenai ketersediaan ruang muat kapal, dan jenis komoditas.
"Kita melihat bagaimana pemerintah, dalam menyiapkan big data tadi atau kita masing-masing dari perusahaan yang mungkin juga kedepannya apakah mau menjadi satu di pelayaran, karena dari PeduliLindungi saja orang tuh merasa mereka itu datanya diambil lah, jadi masih ada kekhawatiran dari kawan-kawan akan terjadinya hal-hal seperti itu," ujarnya dalam konferensi pers VEMI 2021, Kamis (28/10/2021).

Selain itu DPP INSA, Capt Witono Soeprapto menambahkan kendala untuk menyatukan masing-masing perusahaan dalam satu platform tersendiri yang bisa diakses oleh semua pihak adalah kekhawatiran terkait kerahasiaan dari informasi pelanggan mereka.

"Jadi seharusnya dibuat satu platform yang bisa dijaga kerahasiaannya, sekarang terkait informasi barang pun dari kementerian perhubungan dan kementerian perdagangan bikin sendiri-sendiri, harusnya itu kan kedalam satu wadah bisa diakses semua orang," pungkasnya.


Sumber : https://www.idxchannel.com/economics/insa-sebut-pembangunan-iot-di-sektor-maritim-tidaklah-mudah

Posting Komentar

0 Komentar