Jaringan Internet 4G di Cirebon Raya Terus Diperkuat hingga Menembus Pelosok Pedesaan

Jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat, dinilai akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital.

Dalam mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat tersebut, XL Axiata terus memperkuat jaringan internet di Cirebon Raya hingga pelosok pedesaan.

Saat ini, jaringan 4G telah menjangkau 95 persen desa yang ada di lima kota/kabupaten, dengan mengoperasikan total lebih dari 1.300 BTS 4G.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan bahwa pihaknya terus mendorong ketersediaan jaringan 4G di area yang juga dikenal dengan sebutan Ciayumajakuning (Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, hingga Kuningan) tersebut.

"Cirebon Raya menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian utama kami di Jawa Barat karena menyimpan potensi ekonomi yang besar," tuturnya, Jumat, 28 Oktober 2021.

"Karena itu, kami akan terus memperkuat jaringan 4G di area ini agar bisa turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga desa-desa pelosok," tambah dia.

"Jaringan internet yang berkualitas dan literasi digital yang terus meningkat akan mendorong produktivitas serta membantu masyarakat beradaptasi dengan berbagai sarana ekonomi digital," lanjutnya.

Menurutnya dari total 1.343 desa di lima kota/kabupaten tersebut, jaringan 4G sudah tersedia di sekitar 1.300 desa. Sebanyak 60 desa di antaranya merupakan area yang baru terjangkau dalam dua tahun terakhir.

"Perluasan akan terus kami lakukan hingga menjangkau sebagian besar desa yang ada. Selain itu, peningkatan kualitas jaringan juga terus dilakukan untuk area yang sebelumnya sudah terlayani dan mengalami peningkatan trafik penggunaan internet," ujarnya.

Dikatakannya peningkatan kualitas jaringan antara lain dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS. Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas data menjadi maksimal.

Bambang menjelaskan, jaringan 4G yang akan terkoneksi dengan jaringan fiber optik di area Cirebon Raya akan terus bertambah, mengingat kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan data seiring dengan peningkatan trafik data yang signifikan di seluruh kawasan ini.

Selain itu, upgrade kapasitas 4G juga terus dilakukan dengan konsentrasi di area padat penduduk. Dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 130 perse di kawasan ini, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Cirebon.

Dengan total lebih dari 1.300 BTS di seluruh wilayah Cirebon Raya tersebut, pihaknya telah melayani lebih dari 1,9 juta pelanggan.

Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten dan Kota Cirebon dengan total hampir 830 ribu pelanggan, menyusul Indramayu dengan lebih dari 650 ribu pelanggan, serta Kuningan dan Majalengka masing-masing sekitar 240 ribu pelanggan.

"Tahun ini jaringan 4G XL Axiata bahkan telah menjangkau banyak titik baru di Cirebon Raya seperti Desa Sidamukti, Kecamatan Panyingkiran dan Desa Cimuncang Kecamatan Malausma yang berada di Kabupaten Majalengka," jelasnya.

"Selain sektor pertanian, kedua daerah ini terkenal dengan pengolahan kerajinan lokal dari ijuk. Pada tahun ini juga tepatnya di Cirebon, jaringan XL Axiata telah menjangkau Desa Pegambiran dan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk," ungkap dia.

Sebagai salah satu kawasan aglomerasi yang menghubungkan menghubungkan langsung beberapa provinsi di pantai utara pulau Jawa, Cirebon Raya tentunya memiliki potensi ekonomi dan sosial yang sangat besar.

Sektor unggulan di kawasan ini meliputi pertanian, industri, perikanan, hingga pertambangan. Ada juga sektor wisata yang turut menopang Kota Cirebon.

Selain itu, untuk menunjang proses kerja para pelaku UMKM, XL Axiata Business Solutions hadir dengan layanan khusus bagi pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia.
Program ini berupa paket khusus UMKM dengan benefit unlimited WhatsApp, telepon, SMS, kuota data yang besar, dan ada bundling dengan Microsoft 365.

Berbagai segmen UMKM seperti pengrajin sepatu, handycraft, produsen snack rumahan, dan lainnya telah memanfaatkan program ini.

Sementara itu, untuk mendukung berbagai aktivitas masyarakat, XL Axiata kini memiliki sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan, termasuk untuk para pelajar dan mahasiswa.

Pada produk XL, terdapat berbagai pilihan paket unggulan Xtra Combo Lite 28GB dengan kisaran harga Rp 60.000. Dengan paket ini, masyarakat dapat menikmati akses “unlimited beneran” ke berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Line, Instagram, Youtube hingga Netflix.

"Paket ini benar-benar unlimited, artinya pelanggan akan mendapatkan manfaat berupa akses internet tanpa batas selama 30 hari ke berbagai pilihan aplikasi popular saat ini," paparnya.

"Pelanggan bisa bebas mengakses Whatsapp, Line, Instagram, Gojek, Facebook, serta aplikasi video streaming seperti Youtube, Netflix, Vidio hingga Viu tanpa perlu khawatir meski kuota utama sudah habis," tambah Head of Sales XL Axiata area Cirebon, Dwianto Patria Awang Sisna.


Sumber : https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-352900548/jaringan-internet-4g-di-cirebon-raya-terus-diperkuat-hingga-menembus-pelosok-pedesaan

Posting Komentar

0 Komentar