Kecerdasan Buatan (Society 5.0)


Berkembangnya dunia menghadapi era teknologi yang disebut revolusi industri 4.0 . Kondisi yang ditandai dengan adanya penggunaan mesin digital, dan internet hal ini  menyebabkan perubahan yang signifikan dalam segala sektor kehidupan manusia, sehingga dapat memberikan kemudahan untuk manusia.Era trasformasi digital merupakan bagian proses dari teknologi yang lebih besar.

Fourth Industrial Revolution (4IR) atau yang sering dikenal dengan Revolusi Industri 4.0  merupakan era industri keempat sejak revolusi industri pertama pada abad ke-18. Perpaduan teknologi yang dapat mengaburkan batas antara beberapa bidang yaitu bidang fisik, biologis dan digitals atau secara kolektif disebut sebagai sistem siber-fisik (cyber-physical system/CPS) merupakan tanda era 4IR. Selain itu, pada era revolusi industri keempat juga ditandai dengan munculnya terobosan teknologi terbarukan disejumlah bidang.Bidang-bidang yang dimaksud meliputi bidang robotika, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/Al), nanoteknologi, komputasi kuantum (guantum computing), bioteknologi, Internet of Things (IoT), Industrial Internet of Things (IloT), teknologi nirkabel generasi kelima (5G), aditif manufaktur/pencetakan 3D dan industri kendaraan otonomi penuh (fully autonomous vehicles).

Society 5.0 atau sering disebut  masyarakat 5.0 merupakan suatu konsep yang dicetuskan pemerintah Jepang. Konsep society 5.0 bukan hanya terbatas untuk faktor manufaktur tetapi hal ini juga dapat memecahkan berbagai persoalan sosial dengan bantuan integrasi ruang fisik dan virtual (Skobelev & Borovik, 2017). Konsep Society 5.0 adalah teknologi big data, konsep ini dikumpulkan oleh Internet of things (IoT) (Hayashi) selanjutnya diubah oleh Artifical Inteligence(AI) (Rokhmah, 2019) (zdemir, 2018) hingga menjadi sesuatu yang dapat membantu masyarakat dan menjadikan kehidupan yang lebih baik (Mathews, 2015). Dampak society 5.0 atau yang biasa disebut masyarakat 5.0 akan dirasakan pada semua aspek kehidupan baik dari aspek kesehatan, aspek tata kota, transportasi, aspek pertanian, aspek industri dan pendidikan.

Scoiety 5.0 merupakan  sebuah konsep tatanan kehidupan yang masih sangat baru bagi kehidupan masyarakat. Melalui konsep society 5.0 kehidupan masyarakat diharapkan akan lebih nyaman dan berkelanjutan. Manusia akan mendapatkan atau disediakan produk maupun layanan dalam jumlah dan pada waktu yang dibutuhkan. Pada era society 5.0 khususnya pada bidang pendidikan hal yang mungkin terjadi dalam kegiatan pembelajaran yaitu  siswa atau mahasiswa dalam proses pembelajarannya langsung berhadapan dengan robot yang khusus dirancang untuk menggantikan tugas pendidik atau dikendalikan oleh pendidik dari jarak jauh. Sehingga proses belajar mengajar dapat terjadi dimanapun dan kapanpun baik dengan adanya tenaga pengajar ataupun tidak. Pada era society 5.0 hampir semua bidang pekerjaan kerah putih bisa tergantikan, yang pada dasarnya mengandalkan kemampuan intelekt ual. AI bukanlah hanya perangkat yang akan membantu manusia, melainkan juga bisa menggantikan manusia. Semua pekerjaan profesional seperti insinyur, dokter, akuntan, dan pengacara bisa digantikan.

AI tidak sertamerta dapat menggantikan peran manusia dalam industri, tetapi peran AI sebagai pendukung kinerja SDM, oleh karena itu perlunya pengembangan kopentensi oleh SDM yaitu kompentensi yang tidak dapat dilakukan oleh AI. Salah satunya yaitu meningkatkan soft skill SDM.

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci menghadapiera transformasi digital. Industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang bertumpu pada perkembangan teknologi, mengharuskan Indonesia untuk mempersiapkan terbangunnya sumber daya yang handal. Dengan begitu, sebaiknya Indonesia perlu mempersiapkan SDM yang berkualitas yang mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin. Sumber daya manusia (SDM) merupakan individu produktif yang bekerja dan sebagai penggerak sebuah organisasi, baik organisasi yang ada di dalam institusi maupun perusahaan yang memiliki fungsi sebagai aset yang harus terusdilatih dan dikembangkan kemampuannya. 


Sumber : https://www.kompasiana.com/arum1510002/6179120b06310e4b685b1f65/kecerdasan-buatan-society-5-0

Posting Komentar

0 Komentar