Pemkab Konsel Mantapkan Persiapan Menuju Smart City

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) memantapkan kerangka penyusunan, tujuan dan arah terwujudnya Smart City di Konsel. Dengan diinisiasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo), Senin (25/10/2021).

Bimbingan Teknis (Bimtek) kali ini, lebih fokus pada enam dimensi rencana aksi, baik Smart Governance atau Pemerintahan, Smart Branding atau Pariwisata, Smart Economy atau Ekonomi UMKM, Smart Living atau Kesehatan dan Mobilitas Transportasi, Smart Society atau Kemasyarakatan maupun Smart Environment atau Penanganan Limbah Sampah.

Peserta kegiatan merupakan tim pelaksana Smart City, perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konsel.

Kepala Dinas Kominfo Konsel, Drs Anas Mas’ud saat membuka kegiatan mengatakan, Bimtek dilaksanakan untuk melakukan penajaman dan review, terhadap pertemuan dua tahap sebelumnya dan rencana aksi selanjutnya dengan menetapkan program quick win, yang menjadi prioritas utama implementasi Kota Cerdas di wilayah kita.

Adapun yang mengawal sekaligus bertindak sebagai pemateri yakni langsung dari tim asesor Kementerian Kominfo RI Tenaga Ahli Windi Gambetta dan Dina serta Asisten Tenaga Ahli Yan Marina serta Tim Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Kominfo Kabupaten Konsel.

Yang mana, keberadaan mereka untuk mendampingi peserta agar mekanisme dan metodologi penyusunan dokumen sesuai, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Pendampingan juga berguna agar tercipta sinergitas dan sinkronisasi antara program kerja pengembangan di Pusat dan di Daerah, sehingga kerangka penyusunan, arah dan tujuan master plan terwujudnya Smart City lebih lengkap dan menyeluruh hingga hal sedetail pun,” jelasnya

Menurutnya, kualitas rencana induk Smart City Kabupaten Konsel, sangat ditentukan oleh kemampuan peserta berkolaborasi dengan OPD perdimensi, sehingga dokumen yang dihasilkan nanti dapat terimplementasikan dengan baik dan benar.

“Sehingga kita berharap peserta dapat memberikan masukan dan informasi yang bermutu serta produktif, agar konsep rencana induk Smart City Konsel, berkinerja baik dan berkualitas yang dapat membantu keberlanjutan produktivitas masyarakat dan mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals,” pungkasnya.


Sumber : https://suryametro.id/pemkab-konsel-mantapkan-persiapan-menuju-smart-city/

Posting Komentar

0 Komentar