Artificial Intelligence Bakal Tentukan Masa Depan Dunia

Perekayasa Ahli Utama, Organisasi Riset Pengkajian Penerapan Teknonologi-Badan Riset Inovasi Nasional (OR PPT BRIN) Dr. Ir. Hammam Riza dalam acara Special Public Lecture yang diselenggarakan oleh Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) bertema 'Artificial Intelligence and Machine Learning for Higher Education' pada Kamis (13/1/2022) secara virtual. Foto: Tangkapan layar

- Penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari kini makin meningkat. 

AI dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengerjakan berbagai tugas dan memecahkan masalah. 

Perekayasa Ahli Utama, Organisasi Riset Pengkajian Penerapan Teknonologi-Badan Riset Inovasi Nasional (OR PPT BRIN) Dr. Ir. Hammam Riza mengatakan masa depan dunia akan ditentukan oleh AI.

“Siapa yang memimpin bidang AI pada tahun 2030, akan memimpin dunia hingga pada 2100,” kata Hammam dalam acara Special Public Lecture yang diselenggarakan oleh Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) dengan tema “Artificial Intelligence and Machine Learning for Higher Education” pada Kamis (13/1/2022) secara virtual. Selain Hammam, hadir sebagai narasumber adalah Dosen Ilmu Komputer & Keamanan Siber University of South Carolina Aiken Houssain Kettani, Ph.D; Wakil Rektor Bidang Akademik, Penelitian & Pengembangan, serta Kemajuan Digital UICI Dr. Eng. Jaswar Koto; dan Dekan Malaysia-Japan International Institute, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Prof. Ali Selamat.

Pada kesempatan itu, Hammam menyampaikan banyak negara saat ini telah membangun rencana strategis implementasi AI. Pengembangan AI sendiri saat ini masih dikuasai oleh Amerika Serikat.

Namun, perlahan hal itu akan disusul oleh China yang menjadikan AI sebagai prioritas negara pada tahun 2030. Untuk Indonesia sendiri, Hammam menjelaskan BRIN-BPPT pada 2020 telah meluncurkan strategi nasional AI bersama 11 institusi litbang dan pemerintah, 11 perguruan tinggi, 6 komunitas, dan 9 industri.

Penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari kini makin meningkat.

“Kita fokus kepada 4 wilayah, yaitu etika dan kajian kebijakan AI, Infastruktur dan Data AI, Pengembangan talenta AI, dan Riset dan Inovasi industry AI. Ini adalah fondasi dasar pemanfaatan AI menuju terwujudnya visi Indonesia Emas 2045,” kata Hammam.

Houssain Kettani yang menjadi narasumber pertama dalam kesempatan itu terlebih dahulu memaparkan tantangan dunia modern untuk pendidikan. 

Dia menjelaskan proses belajar mengajar di pendidikan tinggi terus berevolusi, dari penyampaian secara oral oleh seorang dosen hingga dimulainya pendidikan secara online.

 “Pendidikan online ini menemui tantangannya, yaitu diantaranya soal kerahasiaan; integritas, bagaimana anda mengetahui seorang mahasiswa benar-benar mengikuti pembelajaran; ketersediaan jaringan internet; dan kualitas pendidikan,” kata Houssain. 

Houssain menyampaikan pandemi Covid-19 turut mendorong masyarakat untuk menggunakan infrastruktur siber. Hal itu kemudian meninggalkan masalah terkait dengan keamanan data.

Oleh karena itu, kesadaran siber menjadi hal penting untuk dapat melindungi masyarakat dari kejahatan siber.
 
Implementasi AI Dalam Proses Pembelajaran di UICI

Sementara itu Jaswar Koto menjelaskan implementasi AI dalam proses pembelajaran di UICI. Ia mengungkapkan UICI mengembangkan platform AI DSTLS (digital simulator teaching learning system).

“Mungkin orang akan bertanya apa perbedaan UICI dengan kampus yang lain? Yang membedakan UICI dengan kampus lain adalah learning system. Apa itu? Di UICI menggunakan artificial intelligence digital simulator teaching learning system,” kata Jaswar.

Jaswar mengungkapkan platform AI DSTLS akan memudahkan mahasiswa dan dosen melaksanakan proses pembelajaran. Salah satu kemudahan yang ia sampaikan adalah saat login ke sistem.

Para mahasiswa dan dosen tidak harus login dengan password, tetapi bisa dengan pengenalan suara atau gambar.

Kemudahan lain dari platform tersebut adalah proses pembelajaran di UICI bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Platform AI DSTLS juga lebih hemat kuota internet daripada sistem lain.

Jaswar membandingkan penggunaan Zoom per semester bisa mencapai 700 GB, sedangkan menggunakan AI DSTLS hanya 9 GB.

Narasumber terakhir Ali Selamat menjelaskan tentang implementasi Big Data dan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Dia menyampaikan bagaimana Big Data dan AI sangat membantu manusia dalam penanganan pandemi Covid-19. 

Ke depan, Ali mengatakan akan banyak sekali manfaat yang didapat manusia dari penggunaan AI.

Namun, dia juga mengingatkan adanya risiko seperti seperti hilangnya tanggung jawab dan menurunnya skill pada manusia.

Sumber : https://www.jpnn.com/news/artificial-intelligence-bakal-tentukan-masa-depan-dunia?page=4


Posting Komentar

0 Komentar