Contoh Penerapan Teknologi IoT di Berbagai Bidang

 


Kini, hampir setiap perangkat yang Anda gunakan saat ini dapat terhubung ke Internet, memberikan lebih banyak data kepada konsumen dan perusahaan daripada sebelumnya.

Jaringan objek fisik ini, yang sebagian besar awalnya tidak dibuat untuk konektivitas internet disebut Internet of Things (atau IoT). Saat ini, perangkat yang disematkan dengan sensor dan perangkat lunak khusus berinteraksi secara mulus satu sama lain dan dengan manusia.

Konektivitas yang selalu ada ini telah mampu secara drastis mengubah cara hidup orang. Teknologi IoT tidak hanya membuat segalanya menjadi lebih efisien, Ini juga membantu bisnis mengurangi biaya operasional, membuat tempat kerja dan rumah lebih aman dan nyaman dari sebelumnya.

Internet of Things pun turut memengaruhi berbagai industri beroperasi di seluruh dunia dengan sejumlah cara kreatif.

5 Bidang Industri yang Menerapkan Teknologi IoT

1. Kesehatan

Untuk industri perawatan kesehatan, penerapan teknologi IoT meningkatkan kualitas, meminimalisir biaya, dan menyediakan akses pelayanan ke pasien yang lebih besar.

Jaringan perangkat terhubung yang mengumpulkan, merekam, dan menganalisis data pasien dapat membantu diagnosis pasien, dan bahkan pencegahan penyakit.

Perangkat IoT yang terhubung memungkinkan penyedia layanan kesehatan menghindari pengumpulan data manual yang rawan kesalahan. Sebagai gantinya, informasi fisiologis pasien dikumpulkan oleh sensor, dianalisis dengan algoritma AI dan dikirimkan ke pendamping pasien sebagai informasi yang dapat ditindaklanjuti.

IoT juga dapat membantu mengurangi biaya rawat inap yang mahal atau kunjungan ke klinik dengan memungkinkan dokter untuk memantau gejala pasien secara aman dari jarak jauh dan memungkinkan pasien untuk berkomunikasi secara aman dengan dokter mereka.

2. Keuangan

Pengaruh teknologi IoT menjangkau hampir semua aspek industri keuangan dari pemrosesan pembayaran hingga layanan pelanggan, tetapi area yang paling diuntungkan adalah keamanan transaksi pembayaran.

Penipuan adalah salah satu masalah terbesar industri, dan berdampak negatif pada bank, konsumen, dan bisnis. Mengendalikan kejahatan ini adalah prioritas yang sangat tinggi untuk setiap lembaga keuangan, dan teknologi IoT menawarkan beberapa kemampuan pencegahan penipuan yang cukup kuat.

Inovasi dalam transaksi pembayaran yang aman telah menghasilkan opsi pembayaran IoT baru seperti Apple Pay, Google Pay, dan berbagai sistem pembayaran lain yang dapat dikenakan dan berbasis ponsel cerdas.

3. Ritel

Industri ini melihat berbagai inovasi dari penerapan teknologi IoT. Beberapa toko menggunakan ponsel cerdas untuk bertindak sebagai asisten belanja di dalam toko virtual, memungkinkan gerai ritel untuk menyesuaikan pengalaman konsumen dan memberikan perhatian lebih kepada setiap pelanggan tanpa hanya mengandalkan interaksi karyawan.

Selain itu, melalui solusi inventaris otomatis seperti rak pintar yang secara akurat dapat menghitung jumlah item dalam persediaan akan menghindarkan pemilik bisnis dari kesalahan manusia.

Hal ini memungkinkan pelacakan barang yang lebih baik, serta pengalaman pelanggan yang lebih baik secara online maupun offline dengan memastikan bahwa jumlah persediaan selalu akurat seperti tercantum dalam data.

4. Manufaktur

Teknologi IoT dalam manufaktur memungkinkan peningkatan efisiensi dan komunikasi yang lebih baik. Beberapa dekade yang lalu, rangkaian pelaporan masalah dengan bagian mesin di pabrik akan menghabiskan banyak waktu.

Karyawan yang mengetahui masalah tersebut harus menghentikan mesin dan memberi tahu supervisor tentang masalah tersebut. Supervisor kemudian akan menghubungi orang yang bertanggung jawab untuk memperbaiki mesin, dan mengoordinasikan pekerjaan mereka dengan produktivitas lantai pabrik.

Dengan peralatan terintegrasi, supervisor memiliki akses ke data waktu nyata dari lantai pabrik sehingga mereka akan mengetahui apabila ada ketidakteraturan dalam proses dan dapat bereaksi sesuai kebutuhan.

Teknologi IoT memberi perusahaan manufaktur kendali yang lebih besar atas proses kerja mereka dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan lebih cepat serta efisien.

5. Perhotelan

Cara orang bepergian dan pengalaman menginap di hotel bisa berubah secara drastis dengan teknologi IoT. Hotel sudah mulai memperkenalkan face detector yang memungkinkan manajer dan penyedia untuk mengetahui siapa pelanggan sebelum mereka tiba dan check-in.

Sensor dan kamera pengenal emosi juga akan membantu karyawan hotel memprediksi apakah tamu lapar dan memberikan rekomendasi makanan berdasarkan preferensi pribadi mereka. Personalisasi tersebut juga diatur untuk mencakup semua aspek kamar tamu, termasuk pengaturan suhu dan cahaya otomatis pada saat kedatangan.

Teknologi IoT dan perangkat yang disematkan menjadi alat yang fleksibel, menarik, dan bermanfaat untuk setiap industri. Pada waktunya, bisnis yang bersaing akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang ruang lingkup dan peluang pertumbuhan yang terlibat.

Karena alasan ini, tak heran jika teknologi IoT akan terus mendorong perubahan di berbagai industri selama dekade berikutnya. Bisnis yang memahami peluang yang ditawarkan teknologi IoT dan perangkat tersemat di sektor mereka akan berada di posisi yang menguntungkan.

Sumber : https://blog.gamatechno.com/teknologi-iot/

Posting Komentar

0 Komentar