Gandeng Cisco, EXCL Terapkan Teknologi Efisiensi Kapasitas Jaringan Selular


PT XL Axiata Tbk (EXCL) bekerjasama dengan Cisco untuk menerapkan teknologi baru pada jaringan 4G, yakni Cisco Ultra Traffic Optimization (CUTO) yang diharapkan bisa membantu peningkatan efisiensi kapasitas jaringan selular.

Menurut Direktur EXCL, I Gede Darmayusa dalam keterangan resmi perseroan yang dikutip Selasa (18/1), pada pertengahan 2021, XL Axiata dan Cisco melakukan serangkaian uji coba solusi CUTO dan terbukti berhasil meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan radio. Teknologi CUTO mulai diimplementasikan pada akhir 2021 di sejumlah area dengan tingkat kepadatan trafik data yang tinggi.

“Di tahun 2022, XL Axiata akan memperluas adopsi teknologi ini. Kami senang dapat bekerja sama dengan Cisco dalam penerapan teknologi CUTO, ini adalah yang pertama yang di Indonesia. CUTO membantu meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan, sehingga infrastruktur jaringan selular kami menjadi lebih baik,” ucap Gede.Gede menjelaskan, CUTO merupakan salah satu solusi untuk diimplementasikan pada jaringan XL Axiata, sehingga dapat mendukung pertumbuhan trafik data pelanggan dengan memberikan throughput dan pengalaman mobile broadband yang lebih baik.

Hal ini terbukti dari peningkatan throughput pengguna XL Axiata sebesar 17 persen melalui penerapan CUTO.

Menurut President, Service Provider, Asia Pacific and Japan Cisco, Sanjay Kaul, kolaborasi dengan EXCL dalam penerapan teknologi dan solusi inovatif akan mampu menangkap peluang pertumbuhan di pasar data yang sedang berkembang di Indonesia.

CUTO merupakan fitur optimasi yang dihadirkan oleh Cisco untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan EXCL dengan mengandalkan algoritma Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML).

Dengan algoritma AI dan ML, CUTO mampu mendeteksi kepadatan jaringan dan mengoptimalkan trafik data, sehingga penggunaan kapasitas jaringan dapat lebih efisien.

Melalui sejumlah fitur yang dimiliki CUTO, kapasitas jaringan dapat diperbesar tanpa harus melakukan upgrade jaringan seperti pada solusi konvensional.

Jumlah pelanggan EXCL mencapai 58 juta di Indonesia dan XL Axiata juga sudah dilengkapi dengan jangkauan jaringan di hampir 460 kota yang ditopang oleh 69 ribu BTS 4G.

Saat ini total BTS (2G/3G/4G) yang dimiliki EXCL sebanyak 153 ribu unit.

“XL Axiata terus meningkatkan kapasitas jaringannya melalui strategi berbasis data dan investasi dalam berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan data broadband di Indonesia,” kata Gede.

Sumber : https://www.beritamoneter.com/2022/01/gandeng-cisco-excl-terapkan-teknologi-efisiensi-kapasitas-jaringan-selular/

Posting Komentar

0 Komentar