Jaringan Komputer dan Internet sebagai Penunjang Ekonomi Bisnis

 


Abstrak

Kemajuan teknologi di berbagai bidang saat ini telah menciptakan berbagai macam kemudahan bertransaksi, baik transaksi perbankan, Pendidikan, gaya hidup maupun kesehatan serta produk produk ekonomi bisnis lainnya. Kemudahan transaksi yang terjadi saat ini merupakan konsekuensi dari berbagai macam terobosan teknologi yang berkembang dengan begitu pesat. 

Kemajuan dan kemudahan tersebut secara tidak langsung menyebabkan pergeresan pola hidup dalam keseharian di masyarakat. Transaksi yang biasanya dilakukan secara tatap langsung baik di tempat tempat tertentu ( Bank,Toko,Pasar, serta tempat lainnya ) saat ini mampu dikerjakan dan dilakukan di dalam rumah tanpa harus melakukan transaksi tatap muka dengan pihak lain. Kemajuan tersebut tidak bisa berjalan tanpa adanya dukungan teknologi informasi baik berupa sistem aplikasi maupun infrastruktur jaringan computer dan internet.

Pendahuluan

Teknologi informasi yang berkembang saat ini banyak melahirkan aplikasi aplikasi yang berbasis digital dengan segala fitur dan kemudahan yang terus berubah mengikuti perkembangan waktu serta menyesuaikan dengan situasi yang terjadi di masanya. Berikut ini beberapa contoh aplikasi dunia digital, yaitu:  E-commerece, E-Government, E-Busines, E-KTP, E-Money, serta banyak lagi teknologi informasi yang mampu menciptakan ruang tanpa batas agar memudahkan para penggunanya. Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dirasakan adalah perkembangan eokonomi dan bisnis. 

Kekuatan ekonomi digital yang berlansung saat ini tidak lepas dari peranan revolosi industry 4.0 yang sedang bergulir disetiap lini di masa masa kini dan terus berkembang pesat sesuai dengan perkembangan jaman. Revolusi industry 4.0 merupakan perpaduan antara teknologi siber/internet dan teknologi otomatis/otomatisasi. 

Dalam pengaplikasiannya lebih membutuhkan pernanan sistem informasi yang baik dan didukung dengan sistem informasi otomatisasi yang mudah dijalankan. Dalam pelaksanannya teknologi yang terjadi dalam revolusi industry 4.0 akan membuat pergeseran pola transaksi bisnis dan pergantian sumber daya manusia yang sebelumnya digunakan perlahan akan tergantikan dengan mesin yang bisa menjalankan perintah yang sudah didesain dan diprogram sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelaku bisnis atau pelaku usaha.

Pembahasan

Berbicara perkembangan teknologi informasi dalam ekonomi digital maka kita akan bersinggungan dengan peranan teknologi Internet. Salah satu factor penunjang ekonomi digital kita kenal dengan istilah Internet Of Things yaitu sebuah perangkat yang mampu mengirimkan data dan tranmisi melalui sebuah jaringan baik berupa jaringan internet maupun jaringan wireless dalam koneksi internetnya. 

Internet of Things merupakan sistem yang menggunakan komputasi sistem mekanis dan sistem digital dalam satu kesatuan yang terkoneksi satu dengan lainnya. Peranan selanjutnya adalah pernan kecerdasan buatan atau yang dinamakan Artificial Intellegence ( AI ). Artificial Intelegence adalah sebuah teknologi yang  didalamnya memiliki sistem kecerdasan layaknya manusia dan bisa mempelajari data yang di terjemahkan kedalam perintah perintah sehingga menghasilkan sebuah program sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembuatnya.

Disamping perkembangan teknologi informasi dibutuhkan juga jaringan infrastruktur internet yang berfungsi menghubungkan semua sistem yang sudah tercipta dengan segala kehebatannya bisa terkoneksi dengan orang lain baik secara personal maupun kelompok. Perkembangan teknologi internet dari generasi ke generasi cukup besar lompatannya, dari era 1G, 2G, 3G dan 4G hingga memasuki era teknologi internet 5G yang beberpa lokasi sudah menjalani tes uji kelayakan.

Dengan adanya perpaduan teknologi informasi terkait sistem informasi serta dukungan jaringan infrastruktur internet yang stabil dan berkecepatan cukup tinggi sangat membantu para pelaku ekonomi berbasis digital. Para pelaku bisnis dapat menjalankan transaksi bisnis baik penjualan maupun transaksi lainnya dengan hanya menggunakan teknologi smartphone.

Kesimpulan.

Kekuatan infrastruktur jaringan internet merupakan kunci perkembangan dan kesuksesan sebuah proses ekonomi bisnis dalam dunia digital. jadi jika kita berbicara tentang ekonomi bisnis khususnya ekomoni bisnis digital, kecepatan serta kesetabilan internet sangat dibutuhkan guna menunjang proses transaksi  itu sendiri. Tanpa adanya dukungan koneksi internet yang baik, maka transaksi kita akan mengalami kemunduran bahkan akan tergerus oleh pesaing yang memiliki kecepatan internet dan koneksi komputer dengan teknologi yang lebih baik.


Sumber : https://www.kompasiana.com/andriswe0041/61ed685d06310e2fa46444d2/jaringan-komputer-dan-internet-sebagai-penunjang-ekonomi-bisnis?page=1&page_images=1

Posting Komentar

0 Komentar