Penerapan IoT Pada Industri Manufaktur

 


McKinsey’s Global Institute memperkirakan bahwa IoT akan memiliki dampak ekonomi sekitar $11 triliun pada akhir tahun 2025. Meningkatnya permintaan untuk otomatisasi, pemantauan terpusat, dan pemeliharaan prediktif menjadikan teknologi IoT yang paling menonjol pada industri manufaktur.

Dengan adanya wabah mendadak, bencana, dan konflik, produsen terus meningkatkan pencarian mereka terhadap teknologi Industrial Internet of Things (IIoT). Dengan mengintegrasikan IIoT, mereka bisa untuk tetap kompetitif dan bisa Menyusun strategi yang lebih baik guna pertumbuhan bisnis.

IIoT – Industrial Internet of Things, dikenal sebagai sub-kategori dari Internet of Things (IIoT). Pendekatan yang digunakan adalah berbasis data, hal ini bertujuan untuk mendorong efisiensi ke dalam industry. Teknologi ini memiliki konsep yang unik, karena mengkombinasikan banyak perangkat meliputi sensor tanam, data berbasis cloud, dan perangkat yang saling terhubung untuk memastikan kinerja industry tetap baik. Mengintegrasikan konsep IIoT pada sector manufaktur sangat membantu dalam efisiensi waktu dan biaya operasional.

Misalnya perusahaan produsen motor Harley-Davidson yang menerapkan teknologi IoT dalam fasilitas manufakturnya. Hal ini sangat membantu dalam efisiensi waktu dalam hal produksinya, yang semula bisa mencapai 21 hari menjadi hanya 6 jam. Dengan demikian, mengenalkan teknologi IIoT ke industry manufaktur akan sangat menjajikan dalam hal peningkatan produktivitas, penghematan biaya dan waktu, serta peningkatan keselamatan buat para pekerja.

Berikut adalah beberapa manfaat saat menerapkan Yeknologi IIoT ke industry manufaktur :

- Peningkatan manajemen inventaris
- Visibilitas rantai pasokan
- Kontrol kualitas produk yang ditingkatkan
- Wawasan waktu nyata
- Penghematan biaya
- Keamanan asset
- Dampak Penggunaan IoT Pada Sektor Manufaktur

Penggunaan teknologi IoT sangat memberikan manfaat bagi dunia industri. Ini mengubah sektor manufaktur menjadi Teknik berbasis data dan membawa revolusi digital di seluruh bisnis. Selama bertahun-tahun, produsen telah menuntut penyesuaian, peningkatan produktifitas, dan pengoperasian. Dengan munculnya IIoT, ada dampak besar pada bidang manufaktur dibanding bidang lainnya.

Peningkatan Pendapatan

Dengan transformasi besar dalam industry manufaktur, IoT telah menyediakan fitur-fitur canggih untuk memenuhi permintaan industry. Selain itu juga memungkinkan produsen untuk mengalami peningkatan pendapatan yang besar. Sebagian besar, peningkatan jumlah pendapatan tergantung pada produksi bisnis. Dengan mengintegrasikan solusi dari teknologi IoT tidak hanya akan meningkatkan tingkat produksi tetapi juga akan meningkatkan kualitas produksi secara signifikan sehingga berdampak pada peningkat pendapatan.

Teknologi IoT membantu mesin secara real-time dan menghasilkan laporan yang akurat guna pengambilan keputusan yang baik. Hal ini sangat membatu dalam pembuatan strategi bisnis yang lebih baik dan berpusat pada pelanggan. Dengan demikian, IoT memiliki dampak yang bagus pada peningkatan pendapatan bisnis manufaktur anda.

Interkonektivitas Aset

Internet of Things merupakan teknologi yang memungkinkan konektivitas antar unit. Unit manufaktur terdiri dari mesin-mesin besar dan unit-unit yang memerlukan pemantauan yang teliti untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik. Misalnya, jika terjadi kerusakan mesin, seluruh pabrik sangat mengalami kesulitan dan kemungkinan besar mesin akan kehilangan efisiensinya.

IoT menjembatani kesenjangan antara unit dan kinerja dengan bantuan perangkat sensir. Perangkat ini mengekstrak data untuk menyajikan gambaran yang lebih jelas tentang kinerja asset dan menghubungkan seluruh fasilitas pabrik serta untuk keperluan monitoring. Ini sangat membantu manager dalam mendapatkan informasi secara real-time dari kondisi peralatan yang sedang digunakan serta untuk keperluan pengambilan keputusan yang tepat.

Suplay Chain yang Ditingkatkan

IoT dapat meningkatkan operasi dari Suplay Chain menjadi lebih signifikan. Anda dapat mengimplementasikan Sistem Smart IoT Solution untuk keperluan pemantauan secara real-time, keamanan, dan juga menerapkan pemantauan yang berbasis kondisi, terutama pada produk Cold Chain.

Dengan adanya transformasi dari IoT, sektor manufaktur dapat memperoleh informasi tambahan mengenai setiap produk dan menyimpan informasi tersebut pada platform cloud. IoT merupakan konsep penting yang bertujuan untuk menciptakan sebuah manajemen yang disederhanakan pada lokasi industry serta menyediakan Teknik otomatisasi pengoprasian suplay chain yang hemat biaya.

Dampak positif IoT dalam domain manufaktur adalah meninggalkan jejak transformasi yang hanya meningkatkan potensi sektor secara signifikan. Anda juga dapat memiliki aplikasi unik IoT pada bidang manufaktur yang berkontribusi untuk produktivitas yang lebih baik.

Aplikasi IoT Pada Sektor Manufaktur

Secara sederhana, dengan mengintegrasikan IoT pada industry akan memberikan data serta informasi secara real-time yang dapat digunakan oleh produsen untuk membuat keputusan yang tepat. Perangkat IoT yang digunakan seperti sensor akan memberikan informasi yang sangat penting mengenai kondisi mesin, kemudian informasi tadi akan digunakan untuk keperluan analisis dan memprediksi agar hasilnya lebih baik.

Mengantisipasi Pasar

Data memainkan peran penting dalam mengevaluasi pola dan memberikan informasi tentang kualitas produksi pada fasilitas manufaktur. Hal ini akan sangat membantu produsen dalam penyusunan strategi dan bisa digunakan untuk mengantisipasi perubahan yang diperlukan.

Prediksi ini dapat digunakan untuk menawarkan peningkatan dalam manajemen inventaris, persyaratan staf, pengturan biaya, dan ketergantungan operasional lainnya. Jadi, dengan bantuan teknologi IoT, dapat mempermudah dalam memprediksi persyaratan dan pengoptimalan untuk keperluan kepuasan pelanggan.

Pemeliharaan Prediktif

IoT adalah teknologi berbasis sensor yang mengambil data dari perangkat untuk mendapatkan informasi mengenai kinerja dan Kesehatan dari perangkat terkait. Teknologi ini dilengkapi dengan analitik yang bagus guna memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk keperluan lanjutan. Semua informasi ini dapat dilihat pada dasbor yang tehubung melalui smartphone anda.

Pemantauan Aset

Industri manufaktur dilengkapi dengan mesin besar dan jaringan pipa yang saling terhubung. Anda dapat dengan mudah menginstal teknologi IoT untuk keperluan pemantauan, serta dapat digunakan untuk menghitung efisiensi kerja dan hasil yang akurat.

Pemantauan asset merupakan salah satu aplikasi paling signifikan yang dapat meningkatkan potensi sebenarnya daru suatu asset industry. Hal ini memungkinkan manajer untuk membuat keputusan yang baik serta mengambil Tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan produktifitas.

(Digital Twins) Kembar Digital

Digital Twins adalah konsep untuk merepresentasikan proses, peralatan, atau asset industry lainnya secara digital dalam bidang IoT. Hal ini akan memberikan representasi yang akurat dari asset fisik, yang dapat membantu dalam pengidentifikasian masalah dan memungkinkan manajer untuk mengoptimalkan proses sebelum pelaksanaan. Ini merupakan konsep yang bagus untuk pemeliharaan mesin yang mengungkap fungsi internal seolah-olahl bekerja secara nyata.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memantau perangkat yang tidak dapat diakses di lokasi terpencil seperti turbin angin, atau jaringan pipa yang terletak dibawah tanah.

Sumber: https://idmetafora.com/news/read/393/penerapan-iot-pada-industri-manufaktur.html

Posting Komentar

0 Komentar