Teknologi Artificial Intelligence pada Pakaian Bantu Mobilitas Difabel Netra

 

Ilustrasi pakaian. Sxc.hu

Perusahaan rintisan yang berbasis di Swiss, Biped.Ai menciptakan komponen artificial intelligence atau AI bagi difabel Netra. Komponen tersebut berupa pelengkap pakaian yang dapat diletakkan pada kerah baju yang memiliki kamera tiga dimensi dan mampu mengeluarkan suara.

Komponen artificial intelligence tersebut dapat memantau lingkungan di sekitar difabel Netra hingga 170 derajat. Dengan demikian, penyandang disabilitas Netra dapat memantau segala sesuatu sejauh 12 meter di hadapannya.

"Komponen artificial intelligence ini dapat dipasang pada kerah pakaian yang terbuat dari bahan apapun, misalkan kaos, kemeja, sampai jaket," kata Chief Executive Officer (CEO) dan pendiri Biped.Ai, Mail Fabian seperti dikutip dari Opthamologist News pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Alat tersebut dapat tersambung dengan ponsel dan perangkat GPS. Rencananya komponen ini akan diluncurkan pada Maret 2022 dan mulai diperjualbelikan tahun depan. Kami berharap dapat membuat perubahan besar pada kualitas hidup difabel Netra di seluruh dunia," kata Fabian.

Selain alat pendeteksi lingkungan yang dipasang pada pakaian, Biped.Ai juga tengah merancang sepeda motor khusus penyandang disabilitas Netra. Sepeda motor tersebut dapat digunakan di lingkungan terbatas, seperti kampus atau rumah sakit.

Sumber: https://difabel.tempo.co/read/1553542/teknologi-artificial-intelligence-pada-pakaian-bantu-mobilitas-difabel-netra/full&view=ok


Posting Komentar

0 Komentar