Terima Dua Penghargaan dari KPPN, Polres Pati Dapat Amunisi untuk Wujudkan WBBM

 

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing (paling kiri) beserta anggotanya menunjukkan dua piagam penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati, Jumat (21/1/2022). 


PATI - Polres Pati mendapat dua penghargaan yang bisa menjadi amunisi untuk mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).


Kedua penghargaan tersebut diberikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati.

Penghargaan pertama diterima Polres Pati karena menjadi Satuan Kerja Terbaik Pertama dalam hal Penyerapan Anggaran Non Belanja Pegawai Kategori Pagu Besar untuk Tahun Anggaran 2021.


Adapun penghargaan kedua diraih sebagai Satuan Kerja (Satker) Terbaik Ketiga dalam Kinerja Pelaksanaan Anggaran pada Tahun Anggaran 2021 kategori Satker Besar. Penilaiannya dilakukan berdasarkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

Untuk diketahui, pada Tahun Anggaran 2021, dari pagu/Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Belanja Barang sebesar Rp 25,2 miliar, Polres Pati merealisasikan penyerapannya sebesar Rp 24,9 miliar atau 99 persen.

Adapun di pos Belanja Modal, dari pagu Rp 16,189 miliar terealisasi penyerapannya sebesar Rp 16,188 miliar atau 99,99 persen.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengatakan, kedua penghargaan ini merupakan wujud upaya penguatan akuntabilitas instansi yang ia pimpin, baik secara internal maupun eksternal.

“Internal untuk anggota dan eksternal tentu untuk pertanggungjawaban pada masyarakat,” ujar dia di Mapolres Pati, Jumat (21/1/2022).

Christian menyebut, capaian ini merupakan modal bagi pihaknya untuk melaksanakan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Di salah satu tahapan atau indikator WBBM, ada penguatan akuntabilitas. Maka prestasi ini jadii modal untuk kami. Pada 2021 kemarin kami sudah mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Semoga 2022 kami bisa dapat predikat WBBM,” ucap dia.

Namun demikian, Christian juga menyikapi penghargan yang diterima Polres Pati sebagai tantangan untuk terus memperbaiki pengelolaan keuangan.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Bupati dan jajaran Forkopimda. Harapannya ke depan dalam pengelolaan anggaran kami mendapat pengawasan terus menerus dari stakeholder dan masyarakat,” tandas dia. (*)


Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2022/01/21/terima-dua-penghargaan-dari-kppn-polres-pati-dapat-amunisi-untuk-wujudkan-wbbm

Posting Komentar

0 Komentar