Total Dana Desa Kabupaten Pati Tahun 2022 Alami Peningkatan

 

Diseminasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (26/1/2022).
PATI - Total Dana Desa (DD) Kabupaten Pati tahun anggaran 2022 mengalami peningkatan dibanding 2021.

Dari total DD 2021 sebesar Rp 426,38 miliar, terjadi peningkatan sebesar Rp 715,29 juta. Sehingga total DD untuk 2022 ialah Rp 427,09 miliar.

Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Diseminasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Pendopo Kabupaten Pati yang juga dihadiri Bupati Pati Haryanto, Rabu (26/1/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati Sudiyono mengatakan, meski total DD mengalami kenaikan, dalam pembagiannya, ada sejumlah desa yang DD-nya turun.

“Ini berdasarkan proporsi indikator yang sudah ditentukan pemerintah pusat. Ada desa-desa yang naik DD-nya, ada juga yang turun,” ujar dia.

Sebanyak 171 desa mengalami peningkatan DD dengan rata-rata kenaikan sebesar Rp 139,66 juta. Adapun 230 desa mengalami penurunan DD dengan rata-rata penurunan sebesar Rp 100,7 juta.

“Ada perubahan kondisi desa dari data potensi desa yang terekam. Perubahan ini yang menyebabkan ada penurunan dan kenaikan, tapi secara umum rata-rata tidak terlalu signifikan,” ujar dia.

Ia menjelaskan, penurunan jumlah DD justru menunjukkan bahwa desa tersebut sudah terangkat. Ini sesuai tujuan DD sebagai intervensi pemerintah agar desa lebih maju.

Pada tahun anggaran 2022 ini, desa di Pati yang mendapat kucuran dana desa tertinggi ialah Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo. Jumlahnya Rp 2,6 miliar.

“Tertinggi Desa Prawoto. (Pertimbangannya) karena wilayahnya di pegunungan. Jumlah penduduk dan luas wilayah besar. Ada tantangan kesulitan geografis juga. Sehingga layak mendapat dana desa tertinggi,” kata dia.

Adapun desa dengan nominal dana desa terendah ialah Desa Ngarus Kecamatan Pati. Jumlahnya Rp 586,8 juta.

“Terendah Desa Ngarus, karena berada di wilayah perkotaan. Wilayahnya kecil dan hampir semua infrastrukturnya sudah ditangani pemerintah daerah,” jelas Sudiyono.

Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2022/01/27/total-dana-desa-kabupaten-pati-tahun-2022-alami-peningkatan


Posting Komentar

0 Komentar