3 Penerapan IoT pada Sektor Publik

 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan banyak pengaruh ke berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pemerintahan. Pemerintah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah dalam melayani masyarakat terutama dalam sektor publik. Internet of thing atau IoT merupakan salah satu kemajuan teknologi yang telah diterapkan dalam sektor public. Tujuan Pemerintah menerapkan IoT pada sektor publik agar masyarakat bisa lebih mudah mengakses dan mendapatkan layanan pemerintah.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang internet of things yang digunakan pada sektor publik simak ulasannya berikut ini!

Definisi Internet Of Things

Internet of things atau IoT merupakan sebuah konsep yang mana semua hal dan perangkat teknologi menggunakan jaringan wireless diberikan sensor yang berfungsi sebagai penghubung, pengendali, berkomunikasi dan bertukar data dengan sistem lain dengan menggunakan jaringan internet.

Internet of thing telah berkembang sejak munculnya teknologi wireless dan nirkabel, microelectromechanical, dan jaringan internet. Berbagai teknologi berbasis IoT ini telah diciptakan sejak tahun 1989 hingga saat ini terus mengalami perkembangan dan kedepannya akan terus berkembang.

Manfaat IoT Pada Sektor Publik

Penggunaan internet of things yang terus mengalami perkembangan memiliki manfaat untuk seluruh sektor kehidupan salah satunya sektor publik pada pemerintahan. berikut ini beberapa mafaat IoT pada sektor publik

Memberikan Akses Informasi Secara Nyata

Internet of things memberikan data informasi secara nyata atau langsung, koneksi antar jaringan mempermudah dalam menganalisis data yang diterima.

Meningkatkan Efisiensi Dan Produktivitas

Sebagai penghubung antar perangkat IoT dinilai mampu meningkatkan efisiensi suatu pekerjaan karena konektivitas melalui teknologi, data yang dihubungkan dapat di akses melalui jaringan perangkat yang terhubung ke internet.

Mempermudah Konektivitas

Fungsi utama dari internet of things adalah mempermudah proses konektivitas antar jaringan dengan koneksi yang lebih cepat dan praktis.

Penerapan IoT Pada Sektor Publik

Kamera CCTV Online

Salah satu penerapan IoT pada sektor publik yang telah diterapkan di beberapa wilayah adalah cctv online. Kamera ini terhubung dengan jaringan internet sehingga dapat diakses oleh setiap pengguna melalui website. tujuannya untuk memantau kondisi daerah tersebut secara nyata, selain itu untuk meningkatkan keamanan lingkungan masyarakat.

Penyediaan Informasi Transportasi

dalam ketersediaan transportasi IoT berperan sebagai penyedia informasi ketersediaan transportasi seperti navigasi rute perjalanan, informasi pengemudi, serta kondisi cuaca. Hal ini berguna untuk mempermudah masyarakat untuk mengetahui transportasi yang dapat mereka gunakan

AWLR (Automatic Water Level Recorder)

Pemerintah DKI Jakarta telah menggunakan IoT untuk memonitor ketinggian permukaan air sungai di daerah Jakarta. Teknologi ini berfungsi melaporkan keadaan permukaan air setiap dua menit ke website BPBD Jakarta sehingga pemerintah daerah setempat dapat memberikan peringatan dini kepada masyarakat apabila air mengalami peningkatan.

Sensor Global Positioning Satellite Pada Truk Sampah

Pemerintah DKI Jakarta menggunakan sensor GPS untuk memantau lokasi truk pengangkut sampah tujuannya untuk memanajemen rute pengangkutan sampah agar lebih efisien dan terdata.

Hidup di zaman yang serba digital membuat perkembangan teknologi semakin pesat. Salah satunya dengan menggunakan sistem internet of things. Pemanfaatan IoT pada sektor publik ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas serta menjadi lebih efisien sehingga mempermudah pemerintah dalam melakukan pemantauan. Harapan kedepannya bisa terus berkembang dan menjadikan setiap daerah mendapatkan pembangunan yang seimbang dengan berbasis smart city.

Sumber: https://indobot.co.id/blog/3-penerapan-iot-pada-sektor-publik/


Posting Komentar

0 Komentar