Dialog antara Gedung Cerdas dan pembersihan profesional didukung oleh IoT

 

Internet of Things itu sangat mengubah lanskap kita. Dari mobil yang terhubung ke Smart Building dan ke kota pintar, dari pengukuran cerdas hingga pabrik pintar, hingga pertanian presisi; setiap lingkungan, baik domestik atau bisnis, publik atau swasta, terlibat dalam perubahan yang dihasilkan oleh Internet of Things.

Dan luas pembersihan profesional, yang bersinergi dengan pengelolaan properti pintar.

Bangunan Cerdas: tentang apa?

Tapi mari kita mulai dari dasar, melaporkan definisi Smart Building yang diusulkan oleh Komisi Eropa. “Satu set teknologi komunikasi yang memungkinkan objek, sensor, dan fungsi yang berbeda di dalam gedung […] untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dan juga untuk dikelola, dikendalikan, dan diotomatisasi dari jarak jauh”.

Peluang yang dihasilkan oleh IoT dalam konteks bangunan pintar memungkinkan secara drastis mengurangi konsumsi energi dan dampak lingkungan, memaksimalkan efisiensi manajemen. Dan mereka memungkinkan untuk meningkatkan kenyamanan dan dari kesejahteraan dari mereka yang tinggal di sana.

Keuntungan dari bangunan pintar

Bangunan pintar harus mampu menyediakan lingkungan yang sehat, positif dan aman sepanjang waktu, menjamin standar sanitasi yang tinggi. Dengan kata lain, mereka harus memantau kualitas udara dan tingkat polutan, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi nirsentuh dan nirkabel, kontrol suara, pengenalan wajah, dan sistem pemindaian tubuh di pintu masuk. Namun, langkah-langkah ini sendiri tidak cukup untuk menjamin keselamatan penghuni dan pengguna.


Peran pembersihan profesional

Untuk alasan ini, kita tidak boleh meremehkan nilai layanan kebersihan profesional, yang memainkan peran yang sama sekali tidak penting dalam rantai kegiatan manajemen fasilitas.

Pada saat yang sama, layanan kebersihan harus mendekati peluang teknologi Internet of Things dengan cara yang inovatif dan sadar.

Oleh karena itu tidak salah untuk menyatakan bahwa kebersihan memainkan peran strategis untuk mewujudkan visi Gedung Cerdas secara penuh.

Teknologi untuk pembersihan cerdas

Jadi, apa saja teknologi yang mendorong pembersihan menuju masa depan yang cerdas?
Seperti yang kami antisipasi, aplikasi IoT terhubung ke sensor nirkabel memainkan peran penting dalam transisi ini. Pelengkap untuk mereka adalah BIM (Pemodelan Informasi Bangunan), yaitu representasi digital dari karakteristik fisik dan fungsional bangunan, dan cobotic.

Membersihkan cobot

Yang terakhir ini membebaskan operator pembersihan dari tugas yang berulang atau melelahkan, yang didelegasikan ke robot kolaboratif.
I cobot, selain memberikan bantuan materi kepada karyawan, mereka dapat mengumpulkan jumlah yang luar biasa memberikan saat melakukan tugas yang berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk terus mengoptimalkan operasi pembersihan.

Perencanaan yang dipandu

Pemantauan silang, yang disediakan oleh cobot dan sensor bangunan, tidak hanya memfasilitasi kontrol kualitas lingkungan gedung, tetapi juga kontrol kualitas layanan pembersihan dan efisiensi operasional.
Dan memiliki data tentang kondisi ruang memungkinkan menyempurnakan penyediaan layanan kebersihan berdasarkan keputusan yang tepat dan tidak sesuai dengan jadwal statis.

Contoh penerapan sensor IoT

Tapi mari kita masuk ke detail. Sensor IoT dapat memantau kepadatan orang yang menggunakan ruang (kantor, kantin, ruang bersama, lift). Aspek ini sangat mendukung kepatuhan terhadap aturan jarak sosial sebanyak optimalisasi sumber daya pembersihan (karyawan dan bahan yang diperlukan).

Prinsip serupa dapat digunakan untuk merencanakan pembersihan layanan tepat waktu. Sensor memungkinkan untuk mendeteksi kualitas udara, kebutuhan untuk mengisi ulang kertas toilet atau deterjen dan bahkan keberadaan air di lantai untuk mencegah bahaya tergelincir.

Evolusi pembersihan: profesionalisme dan BMI

Harus ditekankan bahwa semua data ini tidak berguna jika tidak ada seorang profesional yang mampu menganalisisnya untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik bangunan. Dan dalam menciptakan program yang optimal untuk memenuhi kebutuhan tersebut, potensi teknologi Building Information Modeling muncul dengan sendirinya. Hanya keterampilan digital operator memungkinkan Anda melakukan analisis 'bagaimana-jika' untuk mengidentifikasi rencana pembersihan terbaik, yang sebelumnya disimulasikan pada kembaran digital bangunan.

Agar pembersihan menjadi benar-benar cerdas, oleh karena itu, perlu: staf yang kompeten dan berorientasi inovasi dan perhatian yang lebih besar pada bidang pekerjaan ini, untuk dipertimbangkan dengan cara yang sama seperti desain, keamanan dan kenyamanan dalam desain dan pemeliharaan. dari sebuah properti.

Sumber: https://mecotech.it/id/dialog-antara-bangunan-pintar-dan-pembersihan-profesional-didukung-oleh-dalliot/

Posting Komentar

0 Komentar