Ini Dua Sekolah di Pati Penerima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional 2021

 

Kepala SMP Negeri 1 Tayu, Sri Wahyuni menerima piagam penghargaan Adiwiyata Nasional 2021 dari Bupati Pati Haryanto, Jumat (18/2/2022).


Bupati Pati, Haryanto menyerahkan piagam Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, dan Nasional tahun 2021 pada sejumlah sekolah, Jumat (18/2/2022).

Penyerahan piagam dan piala penghargaan dilakukan di Pendopo Kabupaten Pati.

Adapun Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang dinilai berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Sekolah penerima Adiwiyata Nasional 2021 ialah SMP Negeri 1 Tayu dan SMP Negeri 2 Gunungwungkal.

Adapun penerima Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah 2021 ialah SD Rajawali Juwana, SDIT Yaumi Fatimah Pati, dan SMP Negeri 4 Juwana.

Sementara, penerima Adiwiyata Kabupaten Pati 2021 ialah MTs Negeri 1 Pati, SD Negeri Pakem 01 Sukolilo, SD Negeri Tlogowungu 01, SD Negeri Tajungsari 02 Tlogowungu, SMP Negeri 3 Juwana, SMP Negeri 1 Gabus, dan SMP Kanisius Juwana.

Bupati Haryanto mengatakan, penghargaan Adiwiyata diadakan untuk menunjukkan bahwa sekolah tidak hanya dituntut menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan juga pengajaran serta kesadaran pada anak untuk menerapkan sikap peduli dan berbudaya lingkungan.

“(Penghargaan Adiwiyata) ini bukan tujuan akhir, melainkan langkah awal untuk mencintai lingkungan, berbudaya lingkungan."

"Kami harap budaya cinta lingkungan di sekolah ini bisa dikembangkan ke cakupan yang lebih luas."

Sementara, Kepala SMP Negeri 1 Tayu, Sri Wahyuni berbahagia atas penghargaan yang pihaknya terima.

Ia bersyukur, sebab di Kabupaten Pati hanya ada dua sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2021, termasuk sekolah yang ia pimpin.

"Alhamdulillah, sebelumnya pada 2020 SMP Negeri 1 Tayu meraih predikat sebagai pelaksana terbaik Adiwiyata di tingkat Provinsi Jawa Tengah."

"Berdasarkan proses panjang 2021, kami mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional."

"Kemudian 2022 ini kami mempersiapkan Adiwiyata Mandiri, setelah sukses meraih Adiwiyata Nasional," papar dia kepada Tribunjateng.com, Jumat (18/2/2022).

Ia berharap, SMP Negeri 1 Tayu mampu menjaga dan melestarikan lingkungan yang ada, khususnya di sekolah.

Ditanya tentang kiat mendapatkan penghargaan tersebut, ia menyebut perlunya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah.

Kemudian, memanfaatkan barang-barang yang tidak berguna menjadi berguna.

Selanjutnya memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami berbagai macam tanaman dan tumbuhan.

"Kami memang mengajak semua warga sekolah agar dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk aktivitas yang bermanfaat," tandas dia.

Sumber : https://jateng.tribunnews.com/2022/02/18/ini-dua-sekolah-di-pati-penerima-penghargaan-adiwiyata-tingkat-nasional-2021

Posting Komentar

0 Komentar