Intel Luncurkan Xeon Terbaru untuk Jaringan dan Edge

 

MWC Barcelona 2022.

JAKARTA - Ketika jaringan global menjadi semakin diatur oleh software (software-defined) dan inferensi edge mentransformasi setiap sektor, Intel mengumumkan hardware yang dapat diprogram (programmable hardware) terbaru dan open software melalui keynote virtual pada pembukaan MWC Barcelona 2022.

Kedua kemajuan ini akan memungkinkan para pelanggan Intel dan komunitas developer untuk mendorong terjadinya peningkatan inovasi yang tak terhitung jumlahnya serta membuat Intel siap meraih pertumbuhan dan memperpanjang kepemimpinannya di pasar yang dipegangnya saat ini.

Intel juga memberikan serangkaian pengumuman, mulai dari peningkatan arsitektur baru dan central processing unit (CPU) masa depan dalam prosesor Intel Xeon Scalable generasi berikutnya, yaitu Sapphire Rapids, hingga hadirnya prosesor Intel Xeon D terbaru, SoC terbaru dari Intel yang dirancang dari nol untuk jaringan dan edge yang diatur oleh software.

Di sisi software, Intel menghadirkan peningkatan menyeluruh pada portofolionya, termasuk OpenVINO 2022.1 dan modul software baru di Intel® Smart Edge – semuanya memberikan peningkatan kinerja dan fleksibilitas seiring dengan inovasi yang dilakukan pada developer di edge.

Bersama para pemimpin industri termasuk penyedia layanan komunikasi terkemuka, produsen peralatan telekomunikasi dan pemimpin Internet of Things (IoT) American Tower, AT&T, BT, Ericsson, Rakuten Mobile, Verizon dan Zeblok – Intel membahas peran fundamentalnya dalam mendukung transformasi yang diatur software di seluruh jaringan dan edge.

“Ketika kami menghadirkan era baru inovasi dalam transformasi jaringan dan edge, saat ini, lebih dari sebelumnya, evolusi ini didorong oleh kebutuhan akan kontrol, kemampuan beradaptasi, dan skalabilitas yang lebih besar untuk memberikan kemampuan bagi mereka yang membangun dan mengoperasikan infrastruktur agar segera dapat memperkenalkan kemampuan-kemampuan baru,” kata Nick McKeown, Intel Senior Fellow dan Senior Vice President Network and Edge Group.

“Misi kami adalah menghadirkan programmable hardware dan open software melalui ekosistem yang paling luas dengan cara yang paling baik untuk melayani para pelanggan dan mitra kami pada saat ini dan di masa yang akan datang, dan secara bersama-sama kami akan memimpin evolusi infrastruktur cloud-to-network berikutnya,” tambahnya.

Ketika vRAN digunakan oleh banyak operator di seluruh dunia, hampir semua implementasi komersialnya berjalan menggunakan teknologi Intel. Intel meningkatkan komitmennya untuk terus menumbuhkan ekosistem vRAN yang dinamis dan memungkinkan vRAN memberikan kinerja tanpa kompromi dan memenuhi metrik metrik utama para operator.

Intel bekerja sama dengan Samsung, Ericsson, Rakuten Symphony, dan para penyedia terkemuka lainnya untuk menghadirkan solusi-solusi baru ke pasar yang dibangun di atas platform Xeon Scalable generasi berikutnya, Sapphire Rapids.

Yang diumumkan untuk pertama kalinya adalah sebagai berikut peningkatan instruksi signal processing spesifik 5G yang baru dan unik di core Sapphire Rapids yang dibangun untuk mendukung signal processing spesifik RAN akan memberikan peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat2 untuk vRAN dan mendukung kemampuan tingkat lanjut seperti densitas high-cell untuk 64T64R Massive MIMO. Ini membuka jalan bagi para pelanggan untuk menerapkan vRAN di lingkungan yang paling demanding di dunia.

Selain itu, keluarga Sapphire Rapids akan dibangun dengan chip baru dengan akselerasi terintegrasi yang dioptimalkan untuk workload vRAN. Para pelanggan akan memiliki fleksibilitas dan poin pengoptimalan yang lebih besar saat mereka membangun jaringan mereka, dengan berbagai opsi yang akan tersedia di keluarga prosesor Intel Xeon Scalable generasi berikutnya.

Dirancang untuk Jaringan dan Edge yang Diatur Software

Dirancang dari nol dan dikemas dengan kemampuan khusus untuk jaringan dan edge, prosesor Xeon D terbaru dari Intel menghadirkan akselerasi AI dan kripto yang

terintegrasi, Ethernet yang sudah built-in, dukungan untuk komputasi yang time coordinated dan jaringan yang time-sensitive serta keandalan kelas industri.

Dalam situasi ketika pemrosesan komputasi perlu dijalankan di dekat tempat data dihasilkan, prosesor Intel Xeon D terbaru unggul dalam berbagai use case termasuk peralatan keamanan, router dan switch enterprise, penyimpanan cloud, jaringan nirkabel, dan inferensi AI.

Untuk perusahaan, operator cloud, dan provider layanan komunikasi, prosesor Intel Xeon-D terbaru memungkinkan komputasi berperforma tinggi dengan latensi rendah, keamanan yang lebih baik, dan throughput jaringan yang tinggi di edge saat dipasang di berbagai lingkungan operasional, termasuk lokasi yang terbatas ruang dan pasokan listriknya.

Lebih dari 70 perusahaan teknologi terkemuka bekerja sama dengan Intel dalam desain yang menggunakan prosesor Intel Xeon D terbaru, termasuk Cisco, Juniper Networks, dan Rakuten Symphony.

Memaksimalkan Peluang di Edge

Ketika komputasi di edge meningkat dan munculnya inferensi AI menjadi workload yang penting untuk hampir setiap industri, Intel mengumumkan dua software update. Kedua update ini memberikan pengalaman yang jauh lebih baik bagi developer, memastikan kemampuan hardware Intel dapat diakses oleh developer dengan cara yang kohesif dan mudah diprogram melalui platform cloud native yang terbuka dan modern.

Guna membantu para developer lebih memajukan AI dan memanfaatkan kinerja hardware baru maupun hadware yang sudah ada, Intel merilis upgrade terbesar dalam lebih dari tiga tahun untuk OpenVINO™. Tiga peningkatan produk terbaru di OpenVINO 2022.1 adalah:

1. API yang diperbarui dan disederhanakan supaya lebih mudah dalam mengimpor model TensorFlow dan untuk meningkatkan code portability secara signifikan sehingga memungkinkan time to market yang lebih cepat.

2. Cakupan model yang lebih luas dengan support yang ditingkatkan untuk natural language processing, double-precision model, dan computer vision tingkat lanjut, menciptakan peningkatan kinerja yang signifikan di berbagai use case dan model type.

3. Kemampuan pengoptimalan otomatis yang baru dan inovatif secara otomatis dapat menemukan semua komputasi dan akselerator pada sistem tertentu, dan kemudian secara dinamis memuat balances dan meningkatkan paralelisasi AI berdasarkan memori dan kapasitas komputasi. Hasilnya, developer aplikasi tidak perlu lagi mengetahui terlebih dahulu konfigurasi hardwarenya.

American Tower, Zeblok dan Intel bekerja sama untuk memanfaatkan berbagai prosesor Intel dan OpenVINO untuk menghadirkan berbagai solusi AI-MicroCloud™ mereka ke berbagai kota.

Karena semakin banyak developer yang berinovasi di layanan-layanan baru di edge, Intel juga mengumumkan modul software baru dalam portofolio Smart Edge-nya sepenuhnya dioptimalkan pada prosesor Intel Xeon untuk mengakselerasi workload 5G User Plane Function (UPF) di jaringan edge, sehingga membantu menghasilkan latensi dan bandwidth yang diperlukan.

Modul ini juga mengabstraksi kerumitan dalam hardware sehingga developer dapat menulis aplikasi dengan memanfaatkan sepenuhnya kemampuan packet processing di CPU Intel, menawarkan jalur yang lebih mudah untuk meningkatkan kinerja 5G UPF.

Dengan portofolio produk dan berbagai platform software dari Intel, yang disajikan melalui ekosistem industri yang luas, pelanggan dapat membangun solusi inovatif hari ini dan memanfaatkan investasi software mereka untuk berbagai solusi generasi mendatang.

Sumber : https://investor.id/it-and-telecommunication/284264/intel-luncurkan-xeon-terbaru-untuk-jaringan-dan-edge

Posting Komentar

0 Komentar