Irisan Ilmu Data Science, Ilmu Penting dalam Era Digital

 


Di era digital yang serba data ini, membuka peluang talenta data untuk berkarir. Penggunaan dan pengolahan data menjadi hal yang sangat dibutuhkan perusahaan.

Untuk itu, perusahaan membutuhkan talenta data dengan pemahaman data science yang baik untuk menjawab kebutuhan perusahaan dalam melakukan analisis data yang tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana.

Ada tiga tahapan dalam data science, yaitu mengumpulkan data, membersihkan data dan visualisasi data. Seseorang yang berbekal ilmu data science akan menyalurkan kemampuannya secara optimal dan menghasilkan hasil yang maksimal.

Pada dasarnya data science adalah ilmu yang mempelajari mengolah data dengan menerapkan gabungan ilmu dari matematika dasar, ilmu komputer, dan ilmu bisnis. Gabungan ketiganya membentuk irisan ilmu penting untuk dipelajari di era transformasi digital, yaitu machine learning, software sederhana dan data analysis.

Uniknya meski ketiga irisan ilmu tersebut terbilang cukup rumit, namun data science sangat terbuka bagi siapapun yang ingin mempelajarinya. Meski tidak memiliki background IT atau pendidikan khusus data science. Namun, dengan memahami ketiga irisan ilmu tersebut akan memberikan NON IT peluang untuk bisa berkarir di bidang data.

Yuk kenalan dengan ketiga irisan ilmu data science!

1. Machine Learning

Machine learning (ML) merupakan irisan dari ilmu matematika dan komputer, yang juga cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Machine learning dikembangkan untuk bertindak seperti otak manusia dengan belajar secara mandiri dari waktu ke waktu, sehingga mesin dapat belajar menganalisa data tanpa perlu diperintah.

Tugas utama ML adalah meningkatkan kemampuan mesin untuk mempelajari informasi baru dari data dan mengembangkan kemampuan mesin untuk memecahkan masalah. ML memiliki kemampuan untuk memperoleh data yang ada dengan perintah ia sendiri, serta mempelajari data yang ada untuk melakukan tugas tertentu.

Peran machine learning dalam kehidupan sehari-hari, banyak membantu manusia dalam berbagai bidang. Bahkan sekarang kita hidup beriringan dengan penerapan ML, seperti fitur face unlock untuk membuka perangkat smartphone dan iklan yang muncul di media sosial atau internet.

2. Software Sederhana

Software sederhana merupakan irisan ilmu dari ilmu komputer dan ilmu bisnis. Kegunaannya untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan perusahaan dalam mengakses layanan perusahaan tersebut. Seperti, pembuatan semacam aplikasi yang bisa digunakan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun sehingga pelanggan tidak perlu repot-repot datang ke perusahaan.

Penerapannya hampir diterapkan di seluruh instansi pemerintah dan bisnis, contohnya e-learning, e-banking, e-library, e-wallet dan lain-lain.

3. Data Analysis

Data Analysis merupakan irisan dari ilmu matematika dasar dan ilmu bisnis. Data Analysis adalah proses pemeriksaan, pembersihan, transformasi dan membuat model data dengan tujuan menemukan informasi yang berguna sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang dapat mendukung pengambilan keputusan.

Selain itu, data analysis juga berguna untuk melakukan analisis data menyeluruh secara tradisional agar menghasilkan insight yang berguna bagi perkembangan perusahaan.

4. Jadilah Talenta Data yang Menguasai Domain Knowledge

Dari ketiga irisan ilmu tersebut menjadi data ilmu data science utuh yang dapat memenuhi kebutuhan analisis data menggunakan kecerdasan komputer. Semakin banyak data yang muncul, data science semakin banyak digunakan.

Talenta data dengan pemahaman tiga irisan ilmu inilah yang dibutuhkan perusahaan. Sebagai NON IT, akan sangat unggul jika kamu memahami data science dengan baik. Mulai belajar data science di DQLab.id, mulai dari sini untuk jadi talenta data hebat.

Sumber: https://palapanews.com/2022/02/11/irisan-ilmu-data-science-ilmu-penting-dalam-era-digital-palapanews-com-di-era-digital-yang-serba-data-ini-membuka-peluang-talenta-data-untuk-berkarir-penggunaan-dan-pengolahan-data-menjadi-hal-y/

Posting Komentar

0 Komentar