Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Hadirkan Inovasi Variasi Kunci-Terminal Listrik Pintar

 

Foto: Istimewa

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) kali ini hadirkan inovasi variasi kunci pintar dan terminal listrik pintar.

Inovasi ini dibuat oleh mahasiswa S1 Teknik Komputer Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia Kampus Hijau Sang Juara.

Inovasi mahasiswa S1 Teknik Komputer FTIK telah ditampilkan dalam Expo FTIK pada akhir Januari 2022 lalu, para mahasiswa dengan inovasi yang luar biasa tersebut menghadirkan banyak variasi kunci pintar dan terminal listrik pintar yang merupakan keluaran Teknologi Tepat Guna dari matakuliah Pemrograman Visual yang diampu oleh Dosen Universitas Teknokrat Indonesia.

Variasi kunci pintar dan terminal listrik pintar yang telah dihasilkan memiliki banyak keunggulan, mulai dari kemudahan dalam pemasangan alat hingga kontrol alat yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, semua alat dapat terhubung dengan jaringan nirkabel yang di terhubung dengan jaringan internet.

Program Studi S1 Teknik Komputer FTIK Universitas Teknokrat Indonesia yang berfokus pada IoT tidak pernah gagal dalam menghadirkan ide-ide inovatif yang berhubungan dengan Internet of Things. Dengan harapan kedepannya Teknik Komputer di Univeristas Teknokrat Indonesia akan menjadi jurusan yang akan membawa perkembangan IoT di Indonesia.

Alat-alat yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia sudah layak untuk dipasarkan ke masyarakat.

Nantinya pihak kampus yang dibawahi oleh LPIK (Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan) akan bekerjasama dengan para mahasiswa untuk dapat mengenalkan produk-produk yang dihasilkan oleh Mahasiswa S1 Teknik Komputer FTIK Universitas Teknokrat Indonesia sehingga Teknologi yang dihasilkan oleh Mahasiswa dapat bermanfaat di kehidupan nyata, disampaikan oleh Ketua Program Studi S1 Teknik Komputer Styawati, M.Cs.

Kunci Pintar yang dihadirkan oleh para mahasiswa S1 Teknik Komputer FTIK Universitas Teknokrat Indonesia memiliki beberapa fungsi menarik, misalnya yang dikembangkan oleh team Quattro memiliki kemampuan untuk dapat dipasang di berbagai macam pintu mulai dari lemari, jendela hingga pintu kamar.

Terminal listrik pintar yang dihadirkan oleh team Meong_IT selain memiliki kemudahan untuk mengganti kabel secara "plug and play" juga dapat dimanfaatkan untuk mematikan dan menghidupkan dari jarak jauh.

"Misalnya jika kita terlupakan untuk mematikan pendingin ruangan di rumah," ucap Styawati.

Inovasi ini dibuat oleh Tim Mahasiswa S1 Teknik Komputer FTIK Universitas Teknokrat Indonesia, adapun nama mahasiswanya sebagai berikut Indra Kurniawan, Muhammad Farhan, Muhammad Abhirama Yusuf, Muh Wichi Adventa dan Muhammad Julham.

Dari EXPO FTIK Universitas Teknokrat Indonesia ini didapatkan tim dengan alat-alat terbaik yang menggunakan aplikasi terbaik untuk dipilih menjadi Juara, Juara pertama di dapat oleh tim Kaido Race, yang dengan keunikan aplikasi nya dapat memukau para dewan juri. Juara kedua diperoleh oleh Meong_IT dan juara ketiga tim Quattro. (*)

Sumber: https://lampung.rilis.id/Ragam/Berita/Mahasiswa-Universitas-Teknokrat-Indonesia-Hadirkan-Inovasi-Variasi-KunciTerminal-Listrik-Pintar-1NBbs06


Posting Komentar

0 Komentar