Penerapan Digital Marketing pada UMKM di Desa Grabag Kabupaten Magelang

 


Saat ini kita sedang berada pada era revolusi industri 4.0. Dimana perkembangan teknologi berjalan sangat pesat. Pada era ini pemamfaatan teknologi informasi dalam dunia bisnis terutama UMKM memilki peranan yang sangat penting dalam proses pemasaran. Kemajuan teknologi memberikan pengaruh positif terhadap penjualan. Selain itu pada saat ini kita sedang dihadapkan dengan adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada semua sektor. 

Tak terkecuali  usaha mikro kecil menengah (UMKM), UMKM sedang dihadapkan pada tantangan pandemi virus covid-19. Untuk menghadapi hal tersebut, Banyak pelaku usaha dan pasar yang bertransformasi ke ranah digital dan media online. 

Pemanfaat digital marketing berguna untuk membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Pemanfaatan digital marketing terkonsep tidak hanya bermanfaat membantu untuk mempromosikan produk dalam skala prioritas menengah ke atas. 

Namun juga bermanfaat untuk mempromosikan serta mengelola produk usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Indonesia khususnya khususnya Desa Grabag Kabupaten Magelang.

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat para pelaku usaha bebas memlih media yang cocok digunakan sebagai platform untuk mempromosikan bahkan menjual produknya. 

Media tersebut diantaranya adalah instagram, facebook, dan e-commerece ( shopee, tokopedia, lazada, dll ). Dengan memasarkan melalui media digital, pelaku UMKM dapat memasarkan produk atau brand kedalam lingkup yang lebih luas. Dengan memnfaatkan teknologi ini, biaya yang dikeluarkan lebih murah dan mampu mendapatkan konsumen yang lebih banyak serta pengenalan produk yang dalam jangkauan yang lebih luas.

PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang yang beranggotakan Ilhan Edhi, Mahmudatun Nisa, Indah Nur, Iza Fadlur, dan Zaqi Haqiqi serta dengan ketua pelaksana sekaligus Dosen Pembimbing yaitu Betari Maharani S.E, M.Sc memberikan pelatihan digital marketing pada UMKM Bolu Emprit dan UMKM Bolu Panggan Aroma yang berada di Desa Grabag.

Rangkaian program yang dijalankan selama satu bulan ini, dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan oleh kelompok PPMT di Desa Grabag terhadap UMKM meliputi cara membuat dan menggunakan digital marketing melalui sosial media. Tujuan dari kegiatan ini adalah terbentuknya konsep pemasaran digital pada UMKM Bolu Emprit dan Bolu Panggang Aroma Desa Grabag.

Sumber: https://www.kompasiana.com/zaqi36387/6210d916586d296359008b22/penerapan-digital-marketing-pada-umkm-di-desa-grabag-kabupaten-magelang

Posting Komentar

0 Komentar