Penerapan Marketing Mix Pada Produk Sayuran Organik

 

sumber : dreamstime.com


Persaingan di dunia usaha memang sangat ketat. Kompetitor akan terus bertambah dan bersaing untuk memenangkan pasar. Untuk itu diperlukan sebuah strategi agar bisnis tetap berjalan sesuai dengan tujuan.

Tak terkecuali di dunia usaha sayur organik yang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Trend akan pola hidup sehat menjadikan produk sayur organik kini diminati konsumen. Disamping peluang pasar yang masih terbuka lebar, persaingan dalam bisnis sayur organik ini pun sangatlah kompetitif.

Strategi untuk memenangkan pasar sangat dibutuhkan dan harus dipahami oleh setiap pengusaha. Marketing mix dapat diterapkan dalam usaha untuk memasarkan produk baik barang maupun jasa. Dalam marketing mix ini dikenal dengan adanya 4P (product, price, place, promotion).


Berikut penjelasan strategi marketing mix dalam usaha sayur organik :

1. Product (produk) 

Produk yang dimaksud adalah sayur organik yang dijual. Kunci keberhasilan pemasaran produk yaitu produk yang ditawarkan harus memiliki nilai lebih dibandingkan produk yang lain. Hal ini agar produk sayur organik yang kita tawarkan dipilih dan dibeli oleh konsumen. Nilai lebih dari produk dapat dilihat dari kualitas produk sayur organik. Selalu memastikan sayur organik yang kita jual dalam keadaan segar dan melakukan penanganan pasca panen yang tepat dapat kita usahakan supaya kualitas produk sayur organik tetap oke.

2. Price (harga)

Harga menjadi hal yang penting dan perlu perhitungan yang matang. Konsumen sering kali menjadikan harga sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan untuk membeli suatu produk. Harga yang ditentukan untuk sayur organik harus dapat diterima oleh konsumen artinya harga sayur organik terjangkau bagi masyarakat. Alangkah baiknya jika pengusaha dapat mengikuti alur dinamika pasar dalam menentukan harga. Dan tetap pastikan bahwa usaha sayur organik masih mendapat keuntungan. 

3. Place (tempat)

Tempat yang dimaksud yaitu lokasi untuk menjual produk sayur organik. Lokasi yang dipilih dalam usaha harus strategis, mudah dijangkau oleh konsumen. Contohnya yaitu dekat jalan raya, dipinggir jalan. Konsep ini penting apalagi untuk usaha konvensional. Akan tetapi konsep tempat juga dapat fleksibel jika dijual secara online. Jadi disesuaikan saja dengan media yang digunakan.

4. Promotion (promosi)

Promosi bertujuan untuk membuat konsumen mengenal produk sayur organik dan tertarik untuk membelinya. Keberadaan produk sayur organik dapat dikomunikasikan produsen kepada konsumen seperti memberitahu konsumen bahwa sayur organik menggunakan pupuk organik yang tentu baik untuk kesehatan tubuh, produk juga dijual dengan kondisi yang segar. Hal ini akan membuat persepsi konsumen menjadi positif terhadap produk yang kita jual. Selain secara lisan, promosi di jaman sekarang banyak dilakukan lewat online seperti WhatsApp, Instagram, internet. Melalui media sosial, promosi pun dapat menjangkau semua konsumen dan promosi juga lebih efektif. Promosi yang gencar akan membantu mengenalkan produk sayur organik ke konsumen yang lebih luas. 


Sumber : https://www.kompasiana.com/nurasih2000/62063983bb448635f45a29e2/penerapan-marketing-mix-pada-produk-sayuran-organik?page=1&page_images=1

Posting Komentar

0 Komentar