Prediksi Perkembangan IoT 10 Tahun Kedepan: Internet Sahabat Manusia

 

Ketika berbicara mengenai kecanggihan teknologi, beberapa tahun terakhir topik tersebut akan mengarah kepada smartphone. Saat ini kecanggihan teknologi berupa IoT atau internet of things menjadi hal baru yang bisa dikatakan mengubah dunia. Prediksi perkembangan IoT 10 tahun ke depan akan lebih canggih hanya sekedar smartphone.

Mengapa IoT dapat diprediksikan sebagai dewanya teknologi di masa depan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

IoT dan Manusia

Hadirnya teknologi canggih seperti IoT tidak terlepas dari hubungannya dengan big data. Pengolahan data pada IoT inilah yang akhirnya menciptakan suatu teknologi kecerdasan buatan yang dapat membantu memudahkan kegiatan-kegiatan manusia.

Secara konsep, IoT dapat diartikan sebagai mesin yang memiliki data base di dalamnya sehingga dapat saling terhubung melalui penggunaan jaringan internet. Di Indonesia sendiri trend aplikasi IoT baru-baru muncul pada tahun 2018 diawali dengan perangkat berupa smartwatch.

Smartwatch disebut menerapkan konsep IoT karena jam pintar ini dapat saling terhubung dengan perangkat lain seperti smartphone, sehingga Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi hanya melalui satu perangkat terhubung.

Prediksi Perkembangan IoT 10 Tahun Kedepan

Dengan manfaat IoT yang sangat berdampak kepada kehidupan manusia akhirnya mencetak pengguna hingga tahun 2020 mencapai 31 miliar perangkat di seluruh dunia, yang mana perkembangan ini memberikan dampak pendapatan suatu negara.

Dari data yang sudah ada, prediksi perkembangan IoT dalam 10 tahun ke depan akan merambah pada beberapa bidang sebagai berikut.

Terkoneksi pada perusahaan manufaktur

Saat ini perusahaan manufaktur sebanyak 62% masih ada yang menggunakan pulpen dan kertas sebagai alat untuk mengecek proses manufakturingnya. Namun dalam 5 tahun ke depan, jumlah perusahaan manufaktur yang menggunakan cara manual diprediksi turun sebesar 20%.

Selain itu terdapat 64% perusahaan manufaktur yang akan beralih ke IoT secara 100%. Dari prediksi inilah bukan tidak mungkin jika dalam 10 tahun ke depan, IoT akan menjadi pusat dari proses tracking dalam suatu perusahaan.

Terkoneksi pada akses kesehatan

Dengan terpasangnya IoT pada alat kesehatan sangat memungkinkan penggunanya untuk dapat mengecek status kesehatannya dengan bantuan sensor yang ada. Hal ini seperti pengecekan tekanan darah dan detak jantung melalui perangkat terpasang IoT.

Dokter nantinya juga dapat mencetak rekam medis secara 3D. Penelitian akan hal ini sedang dalam proses dimana nantinya akan dimungkinkan untuk mengganti bagian tubuh yang rusak terutama jaringan tissue melalui bagian tubuh yang telah dicetak 3D.

Terkoneksi pada transportasi

Diprediksikan pada 10 tahun ke depan atau bahkan mulai tahun 2027, kendaraan bermotor akan berubah menjadi otomatis. Sehingga akan tercipta suatu komunikasi protocol antar kendaraan.

Peningkatan jaminan dan perlindungan kesehatan pada kendaraan juga ikut serta meningkat. Hal ini akan sejalan dengan rendahnya biaya asuransi yang harus dikeluarkan, karena kendaraan telah menggunakan sistem otomatis tanpa pengendara.

Prediksi perkembangan IoT dalam 10 tahun kedepan nampaknya akan memberikan perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini juga memungkinkan manusia untuk melakukan penyesuaian terhadap teknologi baru yang ada nantinya.

Sumber: https://indobot.co.id/blog/prediksi-perkembangan-iot-10-tahun-kedepan-internet-sahabat-manusia/

Posting Komentar

0 Komentar