Smart Egg Incubator, Mesin Tetas Telur Otomatis Berbasis IoT

 

Smart Egg Incubator. (untidar.ac.id)

Untuk meningkatkan produktivitas penetasan telur, mahasiswa UNTIDAR menciptakan Smart Egg Incubator. Sebuah Mesin Tetas Telur Otomatis berbasis Internet of Things (IoT). Adanya mesin tersebut diharapkan dapat menjadi peluang yang bagus untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produksi, sehingga kebutuhan masyarakat akan daging ayam selalu tercukupi.

Smart Egg Incubator ini dirancang oleh lima mahasiswa Teknik Elektro, yaitu Sefrizal Eka Putra, Khanief Trie Nugraha, Muhammad Ulum, Wahyu Cristianto dan Muhammad Pedi Saputra, dengan didampingi dosen pembimbing Hery Teguh Setiawan.

Ketua tim, Sefrizal Eka Putra mengatakan, dalam proses penetasan yang efektif dan umum digunakan saat ini adalah penetasan secara buatan. Tingkat keberhasilan proses penetasan banyak dipengaruhi oleh tingkat daya tunas (fertilitas) dari telur yang ditetaskan.

Di sisi lain, faktor eksternal seperti manajemen pengaturan suhu dan kelembapan, intensitas cahaya dan kadar oksigen menjadi hal esensial yang turut memegang peran penting dalam proses penetasan telur unggas.

"Selama proses penetasan kondisi lingkungan harus selalu diperhatikan dan dipantau secara berkala. Inilah yang melatarbelakangi kami menciptakan Smart Egg Incubator," ungkap Sefrizal, dilansir dari laman UNTIDAR.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Smart Egg Incubator bekerja secara otomatis dalam hal pengaturan kondisi ruang mesin tetas. Dengan begitu, proses penetasan telur dapat berjalan dengan lancar dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi tanpa harus dikontrol setiap saat oleh pengguna.

"Dengan menggunakan alat ini, nantinya pengguna dapat memantau kondisi lingkungan ruang mesin tetas secara realtime melalui fitur IoT pada produk yang dibuatnya. Hal inilah yang menjadi keunikan dalam produk Smart Egg Incubator, yang dapat meningkatkan produktivitas peternakan sekaligus memanfaatkan teknologi IoT yang sedang happening saat ini," papar Sefrizal.

Sementara itu, pangsa pasar alat ini ditargetkan untuk semua kalangan masyarakat. Khususnya, para pengusaha peternakan ayam. Supaya dapat meningkatkan produksi peternakan. Selain itu, mereka juga berencana melakukan kerjasama dengan toko-toko peternakan, pemasaran ke pasar hewan, dan lain sebagainya untuk menerapkan alat ini.

"Meskipun ada banyak kompetitor yang menggunakan bahan dasar yang sama dan memproduksi dalam skala besar, kami optimis Smart Egg Incubator bisa diterima oleh masyarakat,” ujar Sefrizal.

Sumber: https://akurat.co/smart-egg-incubator-mesin-tetas-telur-otomatis-berbasis-iot

Posting Komentar

0 Komentar