Smart Farming Petani di Desa Pelaga Petang Badung /Dok. PLN UID Bali

Petani di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung sukses terapkan Smart Farming.

Kelompok Petani Pelaga saat ini menjadi salah satu petani modern khususnya di Desa Pelaga Kabupaten Badung.

Semakin majunya pertanian di Desa Pelaga dengan pemanfaatan teknologi, akhirnya Kelompok Petani Pelaga mendapatkan bantuan dari PT PLN UID Bali pada Senin, 31 Januari 2022.

Salah satu bantuan dan dukungan PLN kepada Kelompok Petani Pelaga yaitu pengembangan inovasi di bidang pertanian salah satunya adalah Internet of Things untuk memudahkan para petani.

Kelompok Petani Pelaga yang sudah mengaplikasikan teknologi Internet of Things yaitu kelompok Petani Mimba Farm Pelaga Petang.

Kelompok Petani Pelaga sukses kembangkan pertanian Green House Hidroponik dengan Smart Farming.

Kelompok Petani Pelaga juga diberikan alat instalasi pemipaan seperti sprinkle, pompa air, tandon air, alat pengukur kelembapan suh tanah, dan alat-alat pendukung lainnya.

"Petani Pelaga berharap dengan teknologi Internet of Things Smart Farming mampu meningkatkan produktivitas hasil tani sehingga perekonomian makin membaik", kata I Wayan Mudita, Ketua Kelompok PMK Mimba Farm.

Dirinya menyampaikan setelah menggunakan Smart Farming loT ini terdapat penghematan air sebesar 20 persen, peningkatan kapasitas produksi sebesar 10-15 persen serta efisiensi di sisi tenaga kerja hingga 20 persen.

“IoT ini dimanfaatkan untuk memudahkan kami sebagai petani hidroponik untuk penyiraman, pemupukan, mengatur suhu dan kelembapan bahkan dari jarak jauh,” ungkap Mudita.

Mudita juga menjelaskan bahwa dirinya memiliki manajemen tanam, sehingga dalam seminggu, misalnya, ingin 4 kali panen, maka akan dibuatkan rencana mulai menanam dan memanen sehingga rekanan dapat menentukan berapa kali mengambil sayur dalam seminggu.

“Jadi semuanya sudah terjadwal sehingga sayur-sayur premium kita sudah laku semua, dengan perkiraan omzet per bulan sebesar Rp50 - Rp60 juta,” pungkasnya. ***

Sumber: https://buleleng.pikiran-rakyat.com/seputar-bali/pr-2013632764/petani-desa-pelaga-badung-dapat-bantuan-peduli-smart-farming-dari-pln?page=2


Posting Komentar

0 Komentar