Tahukah Kamu, Kunci Manual Juga Memiliki Teknologi Imobilizer

 


Saat ini fitur-fitur keamanan pada mobil keluaran baru semakin beragam. Bukan hanya sistem alarm, salah satu yang banyak dipakai adalah kunci dengan immobilizer.

Fitur keamanan Immobilizer ini jauh berbeda dengan kunci standar. Pasalnya, kunci ini sudah dirancang dengan sistem enkripsi elektronik sehingga tingkat keamanannya jauh lebih tinggi. Tapi perlu dipahami, tidak semua mobil memiliki fitur immobilizer.

Jutaan Pemilik Kendaraan Banyak yang Enggak Tahu, Kode Angka di Anak Kunci Ternyata Punya Fungsi Penting
Contoh kecil yang jarang atau bahkan mungkin tidak diketahui pengguna kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat, fungsi jejeran angka-angka yang tertera pada kunci kontak kendaraan.Padahal jejeran kode angka yang tertera di anak kunci memiliki fungsi penting.

Kode kecil ini tidak hanya terdapat di anak kunci saja, kadang tertera juga di pelat besi kecil yang menggantung bersama kunci cadangan.

Jangan dianggap sepele, karena kode kecil berupa urutan angka tersebut bakal berguna jika anak kunci hilang sehingga bisa dicarikan penggantinya juga.

“Kunci immobilizer sebenarnya tidak hanya terdapat di smart key, banyak mobil tipe lama yang masih menggunakan kunci manual tetapi sudah memiliki fitur immobilizer,” ujar Handoko Kepala Bengkel United Moyors Centre Surabaya (UMC) kepada Otomotif1.com di Surabaya Kamis (3/2).

Handoko memberi contoh untuk kunci mobil Suzuki Carry tipe lama “Meskipun menggunakan kunci manual, tetapi jenis mobil tersebut sudah memiliki fitur immobilizer. Bedanya dengan smart key itu menggunakna proximity, jadi bisa digerakan dari jarak jauh dan menggunakan sensor. Perbedaannya hanya itu saja,” ucapnya.

Pernyataan Handoko tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang dikatakan Harold Donnel Tampubolon Head of 4W Brand Development & Marketing Research & IT Network PT Suzuki Indomobil Sales,’Sebenernya sih secara kunci teknikal nya sama aja. Hanya saja teknologi immobilizer itu aja yang bikin lebih aman. Jadi si chip immobilizer nya jangan ampai hilang (walau kunci patah misalnya), supaya mobil bisa nyala. Mungkin faktor pembeda nya di sana ya”, tutup Hraold.

Sumber: https://www.otomotif1.com/tahukah-kamu-kunci-manual-juga-memiliki-teknologi-imobilizer/

Posting Komentar

0 Komentar