Tingkatkan Publikasi Internasional, Pusat Bahasa IT Telkom Purwokerto Gelar Webinar bagi Peneliti

 

IT Telkom Purwokerto kembali mengadakan webinar nasional dengan judul “Kiat Menembus Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi Bagi Peneliti Pemula”, Sabtu (19/2) .

IT Telkom Purwokerto kembali mengadakan webinar nasional dengan judul “Kiat Menembus Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi Bagi Peneliti Pemula”, Sabtu (19/2) .

Webinar ini mengundang narasumber dosen senior Departemen Teknik Informatika ITS, Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D.

Prof. Riyanarto merupakan seorang profesor computer science berpengalaman dengan lebih dari 550 jurnal publikasi dan telah terlibat pada berbagai riset nasional maupun internasional.

Dia juga aktif diundang sebagai pembicara utama dalam berbagai konferensi nasional maupun internasional.

Merupakan seorang konsultan yang berpengalaman dalam audit sistem informasi, governance, dan kebijakan.

Fokus risetnya meliputi bidang Artificial Intelligence dalam aplikasi kesehatan, Big Data, dan juga Internet of Things.

Memiliki skor H-Indeks (Scopus) 24 dan H-Indeks (Google Schoolar) 31.

Saat opening materi, dia memutarkan video hasil riset terbarunya yang berjudul Generator 3 Dimensi Akurat Berdasarkan Citra Medis Anatomi dan Morfologi Otak untuk Perencanaan Bedah Saraf Otak (3D Brain Anatomical Morphological Accurate Generator (BAMAG) based on Medical Images for Planning Brain Surgery) yang telah diaplikasikan langsung pada bidang kesehatan di Indonesia.

Dalam materinya yang berjudul “Succeed in Publications for Reputable International Journals”, dia membagikan tentang tingkatan learning outcome dalam penelitian, karakteristik penulis vs pembaca dalam hasil atau saat membaca penelitian, kiat menyusun penelitian, tips membangun perspektif penulis, tips membangun argumen dalam penelitian, tips memilih topik riset dan masih banyak yang lainnya.

Prof Riyanarto juga membagikan tips-tips penulisan jurnal, informasi tentang fokus riset PRN (Prioritas Riset Nasional) tahun 2020 – 2024, skema pembiayaan riset, dan lainnya.

“Jika bapak ibu sekalian merasa mungkin saat terlibat dalam penelitian tidak berkontribusi sama sekali. Perlu diingat bahwa kontribusi itu bukan di awal, tetapi saat kita sudah masuk dalam penelitian barulah kita tahu kita telah berkontribusi banyak,” jelasnya.

“Seperti pada penelitian saya BAMAG, pada tumor otak tadi, ternyata kontribusinya banyak sekali,” imbuh dia memberikan motivasi kepada peserta webinar.

“Dengan adanya peningkatan penulisan di berbagai bidang penelitian, Insya Allah berbagai permasalahan di Indonesia sedikit demi sedikit dapat terselesaikan,” lanjutnya.

Tak hanya memberikan materi, Prof. Riyanarto juga memberikan motivasi yang sangat menginspirasi dari Imam Al-Ghazali.

“Ada salah satu kutipan yang sangat bagus untuk direnungkan dari Imam Al-Ghazali, yaitu, ‘Kalau kamu bukan anak raja, dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis.’ Maknanya sangat dalam dan bisa direnungkan untuk kita semua,” ungkap dia.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 120 an peserta dari berbagai universitas di Indonesia ini berjalan khidmat.

Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Rektor ITTP, Dr. Arfianto Fahmi, S.T., M.T., IPM. yang menghadiri acara sampai akhir juga menyambut baik adanya webinar.

“Acara ini sangat bagus sekali. Terima kasih kepada Bapak Prof. Riyanarto atas ketersediaannya hadir sekaligus membagikan ilmu dan materinya pada hari ini. Terima kasih juga kepada moderator dan panitia sekalian,” tuturnya. (*)

Sumber: https://jateng.tribunnews.com/2022/02/25/tingkatkan-publikasi-internasional-pusat-bahasa-it-telkom-purwokerto-gelar-webinar-bagi-peneliti?page=2.

Posting Komentar

0 Komentar