Widya Robotics Hadirkan Teknologi Terbaru Dukung Pertambangan di Indonesia

 

Widya Robotics Hadirkan Teknologi Terbaru Dukung Pertambangan di Indonesia

Perusahaan artificial intelligence, automations dan robotics asal Yogyakarta, Widya Robotics menciptakan teknologi terbaru yang mendukung sektor pertambangan di Indonesia yakni Widya Load Scanner Portable.

Teknologi ini lahir lantaran Widya Robotics melihat perlu adanya transformasi pada sektor pertambangan ini untuk meningkatkan kapasitas distribusi dan produksi tanpa menambah biaya distribusi.

Sekadar informasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, produksi batu bara di Indonesia mencapai 606,22 juta ton di tahun 2021.

Jumlah ini meningkat 7,2 persen dari tahun 2020 sebesar 565,69 juta ton.

Batu bara dari kontraktor dihitung berdasarkan laporan muatan setiap truk distribusi. Sedangkan lokasi-lokasi penambangan yang tersebar dan luas menambah pengeluaran dana bagi kontraktor untuk proses distribusi batubara dari lokasi penggalian kemudian ke jembatan timbang untuk dilanjutkan ke lokasi produksi.

Saat ini, proses penghitungan masih dilakukan dengan cara manual menggunakan jembatan timbang.

Dengan menggunakan Widya Load Scanner Portable, dapat menghitung muatan truk hanya dalam waktu 6 menit.

Sedangkan untuk cara konvensional memakan waktu tiga kali lipatnya atau lebih.

Alat ini menjadi solusi untuk resiko akurasi penghitungan muatan hasil penambangan yang kurang tepat, biaya penghitungan yang mahal, waktu penghitungan yang lama dan keamanan pada proses penghitungan.

Setelah dikembangkan dari versi sebelumnya, Widya Load Scanner Portable alat pengukur volumetrik muatan truk ini dapat dengan mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat sehingga mendukung lokasi penambangan yang berpindah-pindah.

"Dengan Widya Load Scanner Portable, proses penghitungannya lebih cepat dan praktis daripada perhitungan konvensional karena bersifat real time dan tingkat akurasi penghitungannya mencapai 98 persen," kata Tri Yunianta, VP Technology Widya Robotics berdasar rilis yang diterima Tribun Jogja.

Lebih lanjut ia mengatakan, tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada Widya Load Scanner mencapai 70 persen, sistem, perangkat lunak serta komponen lainnya dibuat sendiri oleh Widya Robotics.

Menurutnya, ini berpengaruh pada harga 1 unit Widya Load Scanner Portable yang lebih murah hingga 50 persen daripada produk sejenis buatan luar negeri.

Dijelaskannya, cara kerja Widya Load Scanner Portable ini adalah dengan mengumpulkan titik-titik jarak.

Dari titik-titik jarak ini menjadi matriks. Matriks menjadi point cloud kemudian bisa dihitung volumenya.

Widya load scanner memindai dan mengukur volume bak pada saat isi dan kosong untuk mendapatkan volume muatan Teknologi ini dapat meningkatkan akurasi penghitungan dan kecepatan pada prosesnya.

"Pada akhir tahun 2021 pengembangan produk Widya Load Scanner Portable telah selesai dan siap diproduksi massal pada tahun 2022. Widya Load Scanner Portable ini diproduksi untuk menyasar industri pertambangan karena semua komponennya ditempatkan pada bidang beroda sehingga bisa dipindahkan dengan mudah," ujar dia.

Pada akhir Tahun 2021, Widya Load Scanner Portable diuji cobakan dan alat ini mampu mengambil alih peran jembatan timbang karena cara pengoperasiannya pun dinilai sangat praktis.

Selain itu, proyek penambangan jangka pendek dan proyek yang mobile sangat diuntungkan dengan Load Scanner Portable ini karena alatnya yang mudah dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu singkat.

Selain menyasar pasar dalam negeri, saat ini Widya Robotics menyasar pasar Asia dan harapannya terus berekspansi hingga ke Benua Eropa dengan kualitas yang tidak kalah baik," sambung Alwy Herfian Satriatama, CEO Widya Robotics.

Selain menjadi solusi di sektor pertambangan, saat ini Widya Load Scanner sudah digunakan di perusahaan BUMN pada proyek konstruksi di Purwakarta, Makassar dan Semarang.

Untuk di pasar luar negeri, Widya Load Scanner juga sudah digunakan di suatu perusahaan di Yangon Myanmar.

Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2022/02/11/widya-robotics-hadirkan-teknologi-terbaru-dukung-pertambangan-di-indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar