5 Contoh Perangkat Rumah Tangga Berbasis IoT yang Menarik

 


5 Contoh Perangkat Rumah Tangga Berbasis IoT

Untuk memperoleh kemudahan sekarang ini, sudah ada banyak orang yang mengincar peralatan canggih. Walaupun harganya jauh lebih mahal daripada jenis biasa, banyak orang yang tidak mempermasalahkan hal seperti ini. Tentunya, karena Anda tidak harus mengeluarkan effort berlebih. Semua perangkat dapat dikendalikan sesuai kenyamanan, ini daftar perangkatnya.

Contoh perangkat rumah tangga berbasis IoT:

  • robot pembersih
Robot pembersih menjadi salah satu perangkat yang diincar oleh banyak orang karena dianggap memberikan kemudahan sendiri. Hal ini wajar terjadi mengingat ada banyak orang yang malas membersihkan rumah. Padahal, ada berbagai macam kuman jika Anda tidak membersihkan rumah. Dengan begitu, robot pembersih ini menjadi solusi yang tepat untuk dimanfaatkan.

Robot ini juga mempunyai ukuran bulat kecil sehingga dapat membersihkan ruangan secara menyeluruh. Selain itu, ada kelebihan lainnya dimana Anda dapat memantau semua pergerakan dengan menggunakan gadget. Jadi, Anda bahkan dapat membersihkan rumah sambil rebahan. Ketika Anda sedang berada di luar ruangan juga tetap dapat melakukan pembersihan.
  • Pemantau hewan peliharaan
Pilihan lainnya yang orang manfaatkan juga adalah pemantau hewan peliharaan. Banyak orang yang mempunyai hewan peliharaan dengan berbagai macam alasan. Namun, semua hewan seperti ini pastinya dapat mengacak rumah dan hal lainnya. Karena itu, hadir kamera pemantau sehingga Anda dapat melihat sendiri yang dilakukan oleh hewan dan berkomunikasi dengan menggunakan mic.
  • Kunci rumah
Contoh perangkat rumah tangga berbasis IoT lainnya yang dapat dimanfaatkan dengan mudah adalah kunci rumah. Anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi untuk mengunci rumah sekarang ini. Bahkan, jika Anda berada jauh dari rumah dan lupa mengunci. Maka, gunakan aplikasi untuk penguncian. Anda juga dapat membuka pintu tanpa harus membawa kunci yang asli.
  • Amazon echo dot
Sekarang ini, yang menjadi incaran banyak orang dan sering Anda lihat dalam berbagai macam film adalah perangkat yang merespon suara. Apapun yang Anda katakan akan langsung dilakukan oleh alat. Anda bahkan dapat bertanya mengenai cuaca kemudian meminta pemutaran musik hingga rekomendasi restoran atau juga film yang sesuai.
  • Robot pemotong rumput
Pilihan lain yang juga menarik perhatian adalah robot pemotong rumput. Robot ini dapat digunakan dengan mudah karena pemotongan tidak harus dilakukan secara manual. Cukup tentukan sendiri area yang ingin dipotong dan lakukan pengaturan. Anda dapat tinggalkan robot dalam pemotongan karena ada sensor untuk merespon sendiri rintangan yang ada.

Demikian beberapa pilihan yang dapat Anda manfaatkan dalam contoh perangkat rumah tangga berbasis IoT. Sistem ini memang memberikan banyak keuntungan dan dapat membuat pekerjaan Anda selesai lebih cepat.

Sumber: https://indobot.co.id/blog/5-contoh-perangkat-rumah-tangga-berbasis-iot-yang-menarik/

Posting Komentar

0 Komentar