Dosen dan Mahasiswa Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya Pemateri Pelatihan Smart Farming Bagi Petani Milenial

 

Dosen dan Mahasiswa Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya Pemateri Pelatihan Smart Farming Bagi Petani Milenial. Foto: Humas IIB Darmajaya

Empat dosen dan dua mahasiswa Prodi Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi pemateri dalam Pelatihan Smart Farming Bagi PPL di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Provinsi Lampung Hajimena, Natar, Lampung Selatan, Jumat, (25/2/2022).

Pelatihan Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) berlangsung selama dua hari (25–26 Februari 2022).

Pelatihan diikuti 30 peserta terdiri dari penyuluh dan staf lapangan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Keempat dosen itu adalah Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I.; Ari Widiantoko, S.Kom., M.Tech.; Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng., dan Danang Ade Muktiawan, S.Kom. Sedangkan dua mahasiswa yaitu Heri Setiawan dan Bambang Wiansyah.

Dalam pelatihan tersebut materi yang disampaikan diantaranya tentang ‘Ruang Lingkup dan Modul Integrated Farming System’, Instrumen-instrumen dan Praktik Perakitan Model Monitoring Smart Farming serta Integrasi Sistem’.

Kegiatan tersebut dibuka anggota DPR-RI Komisi IV Ir. Hanan A Rozak, M.S., didampingi Kepala BPP Lampung Dr. Abdul Roni Angkat, S.T.P., M.Si.

Ketua Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya, Nurfiana, S.Kom., M.Kom., mengatakan pada Era Teknologi saat ini, dunia pertanian wajib mengenal dan dapat beradaptasi dengan teknologi Internet of Things (IoT). Tujuannya, agar pertanian di Indonesia dapat bersaing dengan negara lain dan dapat meningkatkan hasil tani yang lebih baik lagi tentunya.

“Melalui pengabdian kepada masyarakat, dosen-dosen Sistem Komputer yang memiliki topik penelitian bidang IoT tidak hanya melaksanakan penelitian pembuatan purwa rupa atau uji coba di laboratorium, tapi benar-benar dapat mengimplementasikan teknologi tersebut di lapangan untuk menyelesaikan permasalahan utamanya di bidang pertanian,” ungkapnya.

Dia berharap petani milenial yang telah diajarkan cara penggunaan teknologi smart farming dapat mengaplikasikan hasil pelatihan untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan produk pertanian.

Selain itu, untuk mengatasi masalah-masalah penghambat produksi pertanian seperti perubahan iklim, hama dan permasalahan lainnya.

“Kami juga berterima kasih kepada BPP Lampung untuk terus bersama-sama dalam meningkatkan kualitas SDM petani di Lampung, Sumbagsel-Babel, Sumatra dan Indonesia,” pungkasnya. (*)


Sumber: https://lampung.rilis.id/Ragam/Berita/Dosen-dan-Mahasiswa-Prodi-Sistem-Komputer-IIB-Darmajaya-Pemateri-Pelatihan-Smart-Farming-Bagi-Petani-Milenial-8tAGlon

Posting Komentar

0 Komentar