Generasi Milenial Didorong Kembangkan Bisnis Pertanian Lewat IoT

 


Kementrian Pertanian akan terus mendorong generasi milenial untuk mengembangkan usaha dan bisnis di sektor pertanian, dengan memaksimalkan pemanfaatan internet of things (IoT) untuk mendukung on farm dan hilirisasi hasil produksi pertanian.

Kementan berupaya menggandeng sosok-sosok milenial sukses dari berbagai kalangan, yang terbukti mumpuni mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan IoT.

Hal ini sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang menegaskan bahwa peran generasi milenial sangat penting.

“Generasi milenial adalah masa depan pertanian. Dari mereka kita harapkan hadir inovasi untuk membangun pertanian. Pertanian itu menjanjikan dan banyak yang bisa digarap,” kata Mentan dalam keterangannya, Minggu (6/3/2022).

Sosok milenial yang layak dikedepankan satu di antaranya adalah Dias Satria, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Brawijaya (FEB Unibraw) sekaligus Konsultan Ekonomi Kreatif pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Sekretaris BPPSDMP Kementan Siti Munifah mengungkapkan Dias Satria mampu mengembangkan aplikasi bisnis, yang kemudian dimanfaatkan oleh daerah untuk membangun network antar anak muda yang memiliki usaha bisnis usaha.

“Setelah dia menciptakan aplikasi itu bersama timnya, Wali kota Malang mengangkat dia sebagai staf ahli, Bupati Banyuwangi mengangkatnya sebagai desainer program untuk cari jagoan," kata Siti Munifah.

Dengan aplikasinya tersebut, katanya lagi, Dias bisa mempercepat proses pemasaran, mencari juara di sektor pertanian maupun hilirisasi. Semuanya berbasis IT,” katanya.

Siti Munifah melanjutkan, saat ini Dias dan timnya sedang menggarap IoT untuk on farm dan hilirisasi. “Nah, alumni Polbangtan yang banyak menggeluti usaha di bidang pertanian, kita dorong agar menjadi bagian dari kolaborasi cari champion tadi. Jadi Polbangtan bisa terus tumbuh. Dalam kunjungan ini, kita detailkan apa yang bisa dikembangkan bersama Polbangtan,” tambahnya.

Siti Munifah menambahkan, usaha-usaha sektor pertanian seperti ini bisa memanfaatkan produk pertanian dari hulu hingga hilir. Disebut Siti Munifah, pertanian memiliki banyak sekali sektor untuk dikembangkan, dan semua harus dikerjasamakan.

Sumber : https://www.beritasatu.com/nasional/899217/generasi-milenial-didorong-kembangkan-bisnis-pertanian-lewat-iot

Posting Komentar

0 Komentar