iFlytek Luncurkan Robot Cerdas Untuk Rawat Lansia

JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, iFLYTEK Co., Ltd., dengan fokus pada bisnis utamanya, dikombinasikan dengan kebutuhan lansia, telah meluncurkan sejumlah produk cerdas yang membantu lansia dengan robot.

Produk tersebut meliputi pemantauan keselamatan, manajemen kesehatan, perawatan emosional dan masalah lain yang dihadapi ketika merawat lansia di rumah. Mereka menggunakan teknologi yang sangat baik dan layanan perawatan untuk membantu lansia menikmati hidup dan perawatan yang sehat.

Melansir dari Baijiahao.baidu, dengan tujuan membangun sistem layanan sosial tiga dimensi yang komprehensif dan sesuai untuk lansia, dan sepenuhnya menyelidiki kebutuhan frekuensi tinggi lansia, iFLYTEK menggunakan teknologi mutakhir seperti Artificial Intelligence (AI) untuk mengeksplorasi cara membuat lansia bahagia dengan teknologi. 

Pada tahun 2020, sesuai dengan kebutuhan lansia di rumah di Tianjin, “Platform Layanan Cerdas Tianjin Yinfa” dibangun. Platform ini adalah bagian dari sistem konstruksi perawatan lansia cerdas Tianjin.

Platform ini bergantung pada pusat panggilan keluar cerdas, dikombinasikan dengan peralatan penginderaan cerdas, model analisis data air dan listrik. Ini mengurangi waktu tanggap darurat untuk lansia yang tinggal sendirian hingga 15 menit, dan memberikan rencana perawatan kesehatan satu atap untuk lansia yang tinggal sendiri dan mengintegrasikan berbagai fungsi seperti perlindungan darurat, pemantauan pribadi, manajemen kesehatan, olahraga dan interaksi sosial.

Selain mengawal home care, iFLYTEK juga aktif berupaya mengimplementasikan layanan kesehatan masyarakat. 

Di Kota Jieshou, Provinsi Anhui, iFLYTEK membantu masyarakat setempat, dengan mengandalkan model manajemen AI yang baru dan mengintegrasikan teknologi bantuan AI untuk memberikan diagnosis profesional dan bantuan pengobatan untuk rumah sakit umum dan dokter keluarga.

Dalam dua bulan, sistem asisten diagnosis dan pengobatan membantu dokter menyelesaikan hampir 2,2 juta rekam medis standar, dan tingkat standarisasi rekam medis elektronik mencapai 99,14%.

Di awal tahun ini, iFLYTEK secara resmi merilis “Xunfei Ultra Brain 2030 Plan”, yang berkomitmen untuk menjadikan kecerdasan buatan berpengetahuan, pandai belajar, dan mampu berkembang, sehingga robot dapat memasuki setiap rumah. 

Rencana ini dibagi menjadi tiga tahap, yang masing-masing akan mengambil langkah maju yang solid dalam kecerdasan robot terintegrasi perangkat lunak dan perangkat keras dan manusia virtual digital seputar “memahami pengetahuan, belajar yang baik, dan mampu berkembang”.

Fase 1, dari 2022 hingga 2023, membutuhkan terobosan dalam teknologi ontologi robot bionik, teknologi persepsi dan ekspresi multimodal, dan teknologi dialog aktif. Pada tahap ini, iFLYTEK akan didasarkan pada platform interaksi manusia virtual yang dirilis pada “Festival Pengembang Global 1024 iFLYTEK 2021”, sehingga manusia virtual memiliki pengetahuan di industri dan bidang profesional seperti pendidikan, perawatan medis, keuangan, layanan pelanggan, dll., dan berkelanjutan. Berevolusi untuk menciptakan manusia virtual profesional yang membantu manusia.

Fase 2, dari 2023 hingga 2025, bertujuan untuk mewujudkan fungsi gerak adaptif robot eksoskeleton dan membantu orang tua yang tidak nyaman berjalan secara mandiri; manusia virtual digital memiliki kemampuan untuk memahami pengetahuan secara mendalam dan membantu manusia di bidang yang lebih profesional, dan mulai memiliki kemampuan untuk memahami emosi multi-modal, menciptakan manusia virtual pendamping yang menemani manusia.

Tahap ketiga adalah dari tahun 2025 hingga 2030. Tujuannya adalah untuk menciptakan robot pendamping yang memahami pengetahuan, pandai belajar, dan dapat berkembang, serta berjalan melalui dunia maya dan dunia nyata. robot dan mengintegrasikan pengambilan keputusan dan teknologi penggerak fleksibel, serta integrasi dan otonomi lintas modal. Teknik pembelajaran, penalaran akal sehat, dan teknik pengambilan keputusan asosiatif. Pada saat yang sama, kecerdasan buatan juga perlu memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan bertindak. 

iFLYTEK berharap dapat membantu umat manusia menghadapi masa depan dengan lebih baik melalui terobosan dalam teknologi kecerdasan buatan dan kemampuan untuk mengintegrasikan perangkat lunak dan perangkat keras.

Dalam rangka mewujudkan “Rencana IFLYTEK Ultra Brain 2030”, iFLYTEK telah menyiapkan cadangan teknis berikut. Pada tahun 2020, iFLYTEK dan Universitas Sains dan Teknologi China akan bersama-sama membangun laboratorium bersama robotika. Saat ini, beberapa tujuan bertahap telah diselesaikan.

Sebuah prototipe robot eksoskeleton yang dapat mewujudkan fungsi pelatihan rehabilitasi telah dikembangkan.

Di masa depan, robot exoskeleton untuk berjalan adaptif akan dikembangkan Penelitian dan pengembangan robot kerangka; anjing robot berkaki empat gerak bionik telah resmi dimulai, dan saat ini dalam tahap desain; mobil penggerak cerdas dan presisi tinggi modul navigasi telah menyelesaikan pengembangan produk dan memasuki tahap produksi massal.

Di masa depan, robot exoskeleton untuk berjalan adaptif akan dikembangkan Penelitian dan pengembangan robot kerangka; anjing robot berkaki empat gerak bionik telah resmi dimulai, dan saat ini dalam tahap desain; mobil penggerak cerdas dan presisi tinggi modul navigasi telah menyelesaikan pengembangan produk dan memasuki tahap produksi massal.

Sumber : https://nusadaily.com/lifestyle/techno/iflytek-luncurkan-robot-cerdas-untuk-rawat-lansia.html


Posting Komentar

0 Komentar