Mendorong Produktivitas UMKM dengan Teknologi Berbasis Artificial Intelligence

 


Melalui Perpres No 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan rasio kewirausahaan sebesar 3.95% di tahun 2024. Hal ini bertujuan agar struktur ekonomi nasional semakin kuat. Head of Entrepreneurship Program Podomoro University, Wisnu Dewobroto mengungkapkan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan wirausaha pemula paling besar.

Namun, di sisi lain Indonesia juga masih menjadi negara dengan jumlah pelaku wirausaha paling takut akan kegagalan. “Sehingga banyak yang bertumbuh dan juga banyak yang berguguran,” ujar Wisnu. Padahal, menurut Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM (salah satu komunitas UMKM) Faisal Hasan Basri, para pelaku wirausaha khususnya UMKM mempunyai peran besar dalam menyumbang PDB Nasional dan juga tingkat penyerapan tenaga kerja.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga laju produktivitas UMKM agar dapat terus memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

Di era digital seperti sekarang, para pelaku UMKM di Indonesia bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Namun, tetap dengan adanya dukungan dari pihak-pihak lain. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM dalam rangka mengoptimalkan operasional bisnis, ialah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

CEO Prosa.Ai Teguh Eko Budiarto mengatakan pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence untuk meningkatkan proses bisnis, membuka peluang usaha baru, melakukan efisiensi kerja, dan mengurangi biaya operasional.

“Dalam proses marketing misalnya, dapat dibantu AI untuk menghasilkan content berkualitas untuk teks, visual, maupun audio,” ujar Teguh. Apabila pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence secara maksimal, tentu operasional bisnis dapat bekerja dengan lebih optimal.

Alhasil, produktivitas dan profit UMKM pun dapat terus meningkat. Demi mendorong laju pertumbuhan produktivitas UMKM di Indonesia, Hijrah Coach menginisiasi peluncuran HADE, sebuah platform business coaching berbasis aplikasi, yang akan segera diresmikan dalam beberapa waktu kedepan.

Dalam prosesnya, Hijrah Coach menggandeng Prosa.Ai sebagai partner dalam pengembangan AI untuk aplikasi HADE, juga menggaet Sahabat UMKM dengan harapan agar para komunitas rekanan di dalamnya bisa mendapat manfaat langsung secara tepat sasaran dan tepat guna.


Sumber: https://mebiso.com/mendorong-produktivitas-umkm-dengan-teknologi-berbasis-artificial-intelligence/

Posting Komentar

0 Komentar