Qualcomm Umumkan Snapdragon X70, Pertama dengan 5G AI Processor

Qualcomm Snapdragon X70 Modem-RF System.

Di MWC Barcelona 2022 yang digelar secara hibrida di Barcelona, Spanyol belum lama ini, Qualcomm mengumumkan sejumlah tawaran barunya sehubungan koneksi nirkabel, utamanya 5G. Salah satunya adalah modem yang mendukung 5G, yakni Qualcomm Snapdragon X70. Peningkatan yang paling disorot oleh Qualcomm pada Snapdragon X70 adalah 5G AI processor.


Qualcomm mengeklaim Snapdragon X70 sebagai yang petama menyertakan 5G AI processor pada modem-RF system. Sekadar informasi modem-RF system merujuk pada keseluruhan sistem — modem plus perangkat RF (radio frequency). Dengan 5G AI processor, Qualcomm menyebutkan Snapdragon X70 memungkinkan kinerja 5G yang lebih tinggi.

"Generasi ke-5 modem-RF system kami memperpanjang kepemimpinan global 5G kami dan pengenalan akan native 5G AI processing menghasilkan suatu platform dan titik belok [inflection point] untuk inovasi-inovasi yang meningkatkan kinerja," ujar Durga Malladi (Senior Vice President dan General Manager, 5G, Mobile Broadband and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc.). "Snapdragon X70 adalah suatu contoh dari bagaimana kami merealisasi potensi penuh dari 5G dan membuat dunia terhubung yang cerdas mungkin terjadi," tambahnya.

Sebenarnya, menilik spesifikasi downlink 5G yang ditawarkan Qualcomm Snapdragon X70 yang sampai 10 Gbps, tidaklah berbeda dengan yang ditawarkan Qualcomm Snapdragon X65 — modem generasi sebelumnya dan digunakan Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan SoC flagship Qualcomm yang tersedia saat ini untuk smartphone. Begitu pula dengan spesifikasi uplink Qualcomm Snapdragon X70 yang sampai 3,5 Gbps, tidaklah amat lebih tinggi dari Qualcomm Snapdragon X60 — modem generasi sebelumnya lagi — yang sampai 3 Gbps.

Namun, dengan 5G AI processor yang terintegrasi padanya, Qualcomm Snapdragon X70 seharusnya memberikan kecepatan downlink dan uplink pada penggunaan sebenarnya di dunia nyata yang lebih baik, setidaknya untuk kondisi tertentu. Pasalnya, Qualcomm Snapdragon X70 bisa melakukan aneka optimasi berbasis AI sehingga lebih optimal. Qualcomm mengeklaim berkat 5G AI processor yang terintegrasi, Snapdragon X70 akan memberikan koneksi 5G dengan kecepatan, latensi, jangkauan, mobilitas, keandalan, dan efisiensi daya yang tidak tertandingi.

Secara khusus, Qualcomm mengedepankan empat fitur 5G AI Suite pada Snapdragon X70 yang memanfaatkan 5G AI processor yang terintegrasi tersebut. Keempatnya adalah umpan bailik kondisi kanal dan pengoptimalannya, manajemen mmWave beam, pemilihan jaringan, dan penyeteman antena secara adaptif.

Selain 5G AI processor, Qualcomm Snapdragon X70 pun hadir dengan beberapa peningkatan lain. Salah satunya adalah 4x downlink carrier aggregation yang mendukung kombinasi TDD dan FDD serta mmWave dan sub-6 GHz. Qualcomm mengeklaim pula Snapdragon X70 sebagai yang pertama di dunia yang menawarkan 4x downlink carrier aggregation yang dimaksud.

Qualcomm Snapdragon X70 sendiri belum tersedia secara resmi. Memanfaatkan technology node 4 nm, Qualcomm Snapdragon X70 diharapkan akan mulai di-sampling ke vendor pada semester kedua tahun 2022. Adapun smartphone yang memanfaatkan Qualcomm Snapdragon X70 diharapkan mulai diluncurkan pada akhir tahun ini.


Sumber: https://infokomputer.grid.id/read/123178448/qualcomm-umumkan-snapdragon-x70-pertama-dengan-5g-ai-processor

Posting Komentar

0 Komentar