Studium General FT UJB Bahas Pembangunan Smartcity di IKN

 

Prof Selo (kiri) menyampaikan paparan. (ist)

Fakultas Teknik, Universitas Janabadra (FT UJB) Yogyakarta menggelar studium general, Jumat (25/2/2022) mengangkat topik ‘Membangun Smartcity untuk Ibu Kota Negara (IKN)’, menghadirkan narasumber Prof Selo ST MT Msc PhD (Guru Besar Bidang Teknik Elektro sekaligus Dekan Fakultas Teknik UGM). Studium general menandai telah dimulainya kegiatan akademik semester genap tahun akademik 2021/2022 di FT UJB.

Prof Selo menuturkan, IKN Nusantara sudah dicanangkan pemerintah. Tentunya tahapan pra konstruksi, konstruksi dan pasca konstruksi yang dilaksanakan membutuhkan tenaga kerja yang handal di segala bidang. Perguruan Tinggi khususnya Fakultas Teknik akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan handal untuk mengisi kebutuhan SDM untuk membangun Indonesia di Ibu Kota Negara Nusantara.

“Untuk itu bagi mahasiswa di Progam Studi Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Informatika FT UJB perlu mengetahui kebutuhan Smart City di Ibu Kota Negara Nusantara,” ujarnya. Studium general dipandu oleh moderator Ryan Ari Setyawan SKom MEng (Kaprodi Informatika FT UJB). Para mahasiswa FT UJB mengikuti kegiatan secara virtual melalui zoom.

Menurut Prof Selo, untuk mewujudkan IKN sebagai smart forest city diperlukan upaya yang tidak mudah, memerlukan peran semua disiplin ilmu, tidak hanya bidang keteknikan saja. Selain itu perlu menempatkan pembangunan manusia yang smart di prioritas pertama untuk mewujudkan smart people. Kemudian menerapkan teknologi informasi dan komunikasi, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan big data untuk membangun smart governance.

“Untuk mewujudkan IKN sebagai smart forest city juga sangat memerlukan komitmen dan dukungan dari pengambil kebijakan,” katanya.

Dekan FT UJB Titiek Widyasari ST MT mengatakan, topik membangun smartcity untuk IKN sangat menarik sebagai sumbangsih pemikiran kajian akademik untuk mewujudkan kota yang dibangun menjadi kota pintar. Yakni yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi beserta teknologi internet untuk pengelolaan aset kota dengan cara yang aman. (Dev)

Sumber: krjogja.com/pendidikan/kampus/studium-general-ft-ujb-bahas-pembangunan-smarcity-di-ikn/

Posting Komentar

0 Komentar