Telkom Ungkap Cara Untuk Mendigitalisasi Indonesia

 

Foto: Deputy Executive Vice President Digital Business Builder Telkom Komang Budi Aryasa

Telkom punya caranya sendiri untuk mendigitalisasi Indonesia. Perusahaan itu memiliki sejumlah cara termasuk dengan membuat program Leap.

Program itu disebutkan bagian dari transformasi untuk menumbuhkan inovasi dan talenta digital. Leap memiliki tiga strategi yaitu membangun digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Deputy EVP Digital Business Builder Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa menjelaskan dalam digital connectivity, pihaknya akan menggenjot terus untuk konektivitas. Termasuk mencakup lapisan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

"Digital platform, membangun big data, IoT, cyber security, dan platform digital diatasnya. Terakhir digital service masing-masing ekosistem baik logistik, kesehatan, di mana membutuhkan solusi membutuhkan solusi di dalam ekosistem. Kami harapkan telkom menjadi enabler digitalisasi," kata Komang dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

Selain itu, dia juga menjelaskan membantu pemerintah untuk menuju digital. Pihaknya melakukan kerja sama dengan lembaga pemerintah untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi.

Hal itu juga termasuk membangun proses yang efisien dan optimal serta perancangan regulasinya. Nantinya Telkom akan memberikan rekomendasi yang cocok.

"Kemudian mengembangkan layanan produk dan platform yang dibutuhkan pemerintah," jelasnya.

Telkom juga menyediakan talenta digital yang berkolaborasi dengan talenta yang dimiliki oleh lembaga. Talenta dari pemerintah akan berkembang dengan sendiri dan akhirnya bisa menjalankan operasional yang ada.

"Pada akhirnya menjalankan operasional dan me-manage platform. Proses-proses kita lakukan kolaborasi kementerian lembaga digitalisasi di pemerintahan," ungkap Komang.


Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220322160248-37-324993/telkom-ungkap-cara-untuk-mendigitalisasi-indonesia

Posting Komentar

0 Komentar