Upaya Kemenperin Mewujudkan Industri 4.0 di Indonesia

 


Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), bekerja sama dengan Federasi Teknologi Informatika Indonesia, Indonesia Internet Governance Forum dan Naganaya Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan soft launching Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022.

Tema yang diusung pada acara tersebut, yakni Accelerate the Implementation of Industry 4.0 to Support Inclusive and Sustainable Industries for National Recovery. Melalui acara tersebut, Kemenperin dan seluruh pemangku kepentingan berupaya untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah, pelaku industri/asosiasi, akademisi, lembaga riset dan pengembangan, penyedia teknologi, konsultan, dan pelaku keuangan untuk dapat mendukung transformasi teknologi, sesuai dengan apa yang telah di rencanakan dalam program nasional Making Indonesia 4.0.

“Perlu wadah berkumpul stakeholder terkait dalam pelaksanaan implementrasi Industri 4.0 di Indonesia, guna mempercepat proses transformasi Industri 4.0 serta membangun jejaring dan kolaborasi,” ujar Kepala BSKJI, Doddy Rahadi melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 9 Maret 2022.

Kepala Pusat Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Industri dan Kebijakan Jasa Industri, Heru Kustanto menuturkan bahwa beberapa langkah yang telah dilakukan Kemenperin dalam mendukung upaya tersebut, antara lain pendampingan Industri 4.0, pengembangan SDM Industri 4.0 dan pelatihan e-commerce kepada IKM. Acara Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 sendiri, sedianya akan digelar pada 24-25
Agustus mendatang di DKI Jakarta.

“Kegiatan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2022 akan menjadi sebuah lapangan bagi seluruh pemain industri 4.0, baik itu pemerintah, pelaku industri, asosiasi/komunitas, akademisi, dan pihak lainnya untuk berdiskusi dan mengetahui teknologi terkini industri 4.0,” ungkap Direktur Utama Naganaya Indonesia Internasional, Aditya Adiguna.

Rangkaian acara pendukung lainnya yaitu Smart Factory Forum yang merupakan event road show sebelum acara utama dan diadakan di Batam serta Karawang. Kemudian ada Podcast 4.0, yang berkonsep pembicaraan ringan mengenai teknologi 4.0. Terakhir yakni Indonesia Internet Governance Forum, yang bersamaan diadakan dalam event utama dengan konsep Focus Group Discussion dari FTII dan ID-IGF.


Sumber: https://www.viva.co.id/digital/doktek/1456121-upaya-kemenperin-mewujudkan-industri-4-0-di-indonesia?page=2&utm_medium=page-2

Posting Komentar

0 Komentar