Aplikasi Pembayaran Digital Mempermudah Ekosistem UMKM

 

Aplikasi Pembayaran Digital Mempermudah Ekosistem UMKM Hadir dengan teknologi AI dan otomatisasi. (Foto: Unsplash/Christian Widieger)

MEMBANGUN ekosistem UMKM tentu membutuhkan teknologi mumpuni di zaman serba canggih ini. Terlebih lagi dalam soal transaksi keuangan, teknologi akan mempermudah seluruh sistem pembayaran. Lalu, apa solusi agar UMKM bisa mewujudkan sistem pembayaran nan mudah, cepat, dan praktis? Jawabannya ialah memanfaatkan alat pembayaran digital.

Oleh karena itu, aplikasi sistem manajemen pemesanan atau order management system (OMS) memberikan layanan ekosistem untuk UMKM. Tak hanya untuk transaksi pembayaran, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengolahan pesanan, pemesanan, dan pelaporan. Seluruh fitur ini semakin canggih dengan menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dan otomatisasi.

Selain itu, untuk semakin mendapatkan kepercayaan pengguna, aplikasi ini juga menjalin kerja sama dengan Bank BJB, bank BUMD milik Provinsi Jawa Barat dan Banten. Kerjasama ini merupakan bagian dari strategi penguatan ekosistem yang bertujuan untuk membantu UMKM dengan lebih baik.

"Kerja sama ini juga merupakan upaya kami untuk selalu berkembang dalam memenuhi kebutuhan UMKM di Indonesia, terutama di era pandemi ini dimana pemesanan barang harus diprioritaskan," tutur Joseph Simbar, Co-founder dan CEO aplikasi Mimin dalam rilis pers yang diterima merahputih.com.

Kerja sama ini memungkinkan pengguna untuk dapat menerima pembayaran melalui DigiCash, uang elektronik milik Bank pada aplikasi ini. Kelebihan lainnya yang ditawarkan dalam ekosistem pembayaran ini ialah fitur penarikan dana real-time

"Kerja sama dengan Mimin merupakan salah satu langkah nyata kami dalam mendukung UMKM Indonesia untuk terus berkembang dan naik kelas melalui platform digital. Bank BJB hadir untuk memberikan solusi pembayaran yang mudah, cepat, dan nyaman bagi seluruh UMKM indonesia melalui Mimin," ujar Arfianto Ramadhian, Head of Digital Banking Bank BJB.

Ekosistem aplikasi ini mencakup proses pengolahan data, manajemen inventaris, pemesanan, pembayaran, dan pelaporan menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi. Proses pengolahan data dapat memproses pesan-pesan dari pembeli menjadi data-data yang relevan untuk digunakan di ekosistem aplikasi ini.

"Kami senang sekali atas kerja sama yang memungkinkan pengguna untuk dapat menerima pembayaran menggunakan uang elektronik, sehingga ekosistem untuk UMKM dapat meningkatkan operasional dan layanan UMKM," tutup Joseph. (ikh)


Sumber: https://merahputih.com/post/read/aplikasi-pembayaran-digital-mempermudah-ekosistem-umkm

Posting Komentar

0 Komentar