Bikin Konsumen Makin Loyal, Mitsubishi Pakai Chatbot AI MIRA

 


Teknologi kecerdasan buatan atau Artifisial Intelligence (AI) saat ini banyak digunakan karena dapat meningkatkan efektivitas bisnis bagi pelaku usaha. Bagi konsumen pun penggunaan AI bisa meningkatkan pengalaman dan mempermudah, misalnya melalui chatbot.

Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan chatbot adalah Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), yang menggunakan chatbot bernama MIRA (Mitsubishi Virtual Assistant). Fitur ini didesain oleh kata.ai untuk meraih loyalitas konsumen.

GM Marcomm & PR PT MMKSI Intan Vidiasari mengatakan MIRA menjadi salah satu solusi untuk menggantikan peran call center terhadap pertanyaan-pertanyaan umum dan repetitif. Meski demikian menurutnya teknologi chatbot ditujukan untuk mempermudah pekerjaan, bukan untuk menggantikan tenaga manusia.

"Kami sudah
memperkenalkan MIRA dari tahun lalu. Dia akan ada terus siap melayani para konsumen Mitsubishi bisa diakses melalui Whatsapp terus bisa juga melalui Mitsubishi Motors ID apps, di situ juga Mira tersedia untuk bisa melakukan chat langsung dengan kita, juga di websitenya Mitsubishi," ujar Intan dalam acara Webinar 'Transforming Businesses with WhatsApp Business Platform' yang diselenggarakan oleh Kata.ai, Rabu (20/4/2022).


Dia menambahkan, jika ada hal-hal yang menjurus ke pertanyaan yang lebih teknis, MIRA akan mengarahkan ke call center yang bisa memberikan asisten lebih lanjut.

Selain itu, MIRA juga mempermudah untuk membuat customer attention strategy. Hal ini dikatakan Intan karena MIRA dapat langsung meng-elabore data-data konsumen yang bertanya lebih lanjut.

"Biasanya kan nanti nomor whatsapp-nya ter-record di situ, sehingga bisa menjadi customer attention program nantinya untuk bisa dilakukan follow up lebih lanjut seandainya mereka memang tertarik untuk bisa mengetahui lebih lanjut tentang kendaraan Mitsubishi yang cocok dengan kebutuhannya," tambahnya.

Chatbot seperti MIRA juga mempermudah konsumen yang membeli kendaraan, karena bisa melacak pesanan kendaraannya, aktivasi garansi, dan lain sebagainya melalui aplikasi My Mitsubishi Motors ID.

"Dengan teknologi ini kami mampu mengetahui preferensi konsumen lebih dalam, sehingga strategi yang disiapkan ke depannya diharapkan akan mampu menghadirkan loyalitas konsumen dengan menjawab kebutuhan yang sesuai dengan karakter-karakter konsumen akan model mobil yang kami hadirkan, maupun jenis layanan yang dibutuhkan pada tiap tahap kepemilikan kendaraan," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Director PT Mitra Integrasi Informatika (Metrodata Group), Herryanti Herman mengatakan ada empat komponen utama yang harus dipersiapkan dengan baik untuk mempersiapkan pengaplikasian chatbot AI. Yang pertama yaitu sisi proses. Hal ini meliputi seperti bagaimana proses kerja dan bagaimana perusahaan membuat journey.

"Kemudian yang kedua kita mempersiapkan people. Jadi setiap orang di organisasi harus memiliki keinginan untuk menjadi bagian. Misalnya sales yang harus membantu melakukan follow up terhadap semua pipeline yang masuk. Kemudian customer service, apabila ada komplain harus cepat ditangani, maka tim itu pun harus juga segera merespon dengan baik," ujar Herryanti dalam acara Webinar 'Transforming Businesses with WhatsApp Business Platform' yang diselenggarakan oleh Kata.ai, Rabu (20/4/2022).

Dia menambahkan, hal lain yang harus disiapkan adalah memiliki teknologi. Saat ini ada beberapa teknologi yang bisa membantu untuk mengakselerasi bisnis dengan menggunakan chatbot. Kemudian teknologi Cloud yang berguna untuk menyiapkan informasi data-data untuk bisa diakses kapan saja dan dimana saja.


Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220420145738-37-333236/bikin-konsumen-makin-loyal-mitsubishi-pakai-chatbot-ai-mira

Posting Komentar

0 Komentar