BPD Bali dan Delameta Bilano Aplikasikan AIoT untuk Dukung Smart City

 


Bank BPD Bali bekerja sama dengan perusahan penyedia teknologi artificial intelligence dan internet of things (AIoT) Delameta Bilano mengimplementasi transaksi cashless di Bali.

Implementasi ini untuk mendukung pengembangan ekosistem smart city di Bali.

Direktur Operasional Delameta Bilano Rein W mengatakan, kolaborasi perusahaannya dengan BPD Bali akan mempercepat digitalisasi sektor pariwisata di Bali melalui produk unggulan.

Seperti People Gate yang akan ditempatkan di pintu masuk objek wisata, E-parking yang akan diimplementasikan di objek wisata, dan juga Enco Bus untuk sistem transaksi digital pada transportasi massal di Bali.

Semua upaya tersebut akan memudahkan para turis untuk menikmati pengalaman berwisata di objek wisata Bali.

"Delameta telah mengantongi izin Payment Gateway dari Bank Indonesia dan saat ini memegang transaksi di 31 ruas sistem pembayaran jalan tol," ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Senin (18/4/2022).

Saat ini sistem pembayaran tol Delameta antara lain terpasang di ruas tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Bogor Outer Ring Road, Palimanan-Kanci, dan 27 ruas tol lain termasuk ruas tol Balikpapan-Samarinda untuk ibu kota baru dan ruas tol Sunter Pulogebang yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Joko Widodo.

Perusahaan ini juga mendukung lintas ekosistem transportasi seperti Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta, serta sistem parkir di Kargo Bandara Soekarno Hatta.

Bersama BPD Bali, perusahaan juga berpartisipasi di acara Bali Digital Festival (DigiFest) 2022 yang mengusung tema Enabling Bali as Digital Creative Paradise. Acara dibuka Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa serta Gubernur Bali I WayanKoster.

"Keterlibatan kami dalam event ini sejalan dengan visi perseroan untuk menjadi perusahaan industri teknologi nasional yang berkelas," katanya.

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/04/18/bpd-bali-dan-delameta-bilano-aplikasikan-aiot-untuk-dukung-smart-city.

Posting Komentar

0 Komentar