Future of Jobs, prospek pekerjaan sistem komputer dan digitalisasi

 


Selama pandemi Covid-19, ada perubahan besar dalam cara orang melakukan pekerjaan. Sekitar 85 juta pekerjaan akan hilang dalam lima tahun ke depan, menurut laporan dari World Economic Forum (WEF).

“SDM Indonesia perlu mempelajari keterampilan dan kompetensi baru yang relevan saat ini. Pekerjaan Masa Depan, menunjukkan beberapa pekerjaan dan keterampilan yang akan diminati dan paling dibutuhkan beberapa tahun ke depan.” kata CEO dan Co-Founder Cakap Tomy Yunus dalam keterangannya, Minggu, 3 April 2022.

Berdasarkan laporan dari WEF, berikut ini lima pekerjaan yang paling diinginkan pengusaha dalam beberapa tahun ke depan.

Analis Data

Seorang analis data adalah seseorang yang menggunakan alat analisis data untuk melihat informasi. Hasil analisis data ini sangat penting bagi bisnis ketika mereka perlu membuat keputusan bisnis tentang bagaimana mengembangkan bisnis mereka.

Analis data menggunakan banyak aplikasi dan program yang berbeda untuk melakukan pekerjaan mereka, seperti Microsoft Excel, Tableau, dan SQL.

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Kecerdasan buatan (AI) sering dianggap sebagai cara sistem komputer berpikir seperti manusia untuk melakukan suatu pekerjaan. AI telah memainkan peran besar dalam membuat bisnis lebih efisien dan membuat pelanggan senang.

Salah satu bagian dari AI adalah pembelajaran mesin, yaitu tentang perangkat lunak dan perangkat keras, dan bagian ini disebut pembelajaran mesin. Algoritma pembelajaran mesin harus dapat mengumpulkan dan menganalisis banyak data, volume, dan skala data.

Big Data Specialist

Ketika sebuah perusahaan perlu memecahkan masalah dan menghasilkan uang, "Spesialis Big Data" membantu mendapatkan dan memproses data.

Spesialis dalam pemasaran digital

Bagian terpenting dari sebuah perusahaan adalah menyebarkan berita tentang bisnis untuk menghasilkan uang sebagai hasilnya. Untuk alasan ini, pemasaran digital adalah cara terbaik untuk menyebarkan berita tentang produk atau layanan karena saat ini, semua orang sangat bergantung pada internet.

Ketika orang yang memiliki keterampilan pemasaran digital menggunakan alat pemasaran digital untuk membantu pemasaran bisnis mereka, mereka akan tahu bagaimana melakukannya.

Spesialis dalam pengembangan bisnis

Jika Anda melihat namanya, Pengembangan Bisnis, Anda akan melihat bahwa itu membantu bisnis tumbuh dan berkembang melalui berbagai strategi, seperti B2B (Business to Business), B2C (Business to Customer), dan B2G (Business to Government).

Seringkali, pekerjaan orang pengembangan bisnis sangat mirip dengan pekerjaan orang penjualan. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menghasilkan uang bagi perusahaan.***

Sumber: https://www.buruhtinta.co.id/read/75/future-of-jobs-prospek-pekerjaan-sistem-komputer-dan-digitalisasi/1

Posting Komentar

0 Komentar